Sukses

6 Hal Pencegahan Jerawat Yang Tidak Anda Ketahui

Berikut adalah hal-hal yang seringkali Anda tidak ketahui namun dapat mencegah jerawat.

Liputan6.com, Jakarta- Jerawat memang mengganggu. Namun selain pencegahan dan perawatan wajah yang baik, berikut adalah hal-hal yang seringkali Anda tidak ketahui namun dapat mencegah jerawat.

1. Cuci wajah minimal tiga kali sehari dengan air hangat dan sabun wajah lembut yang sesuai untuk kulit berminyak/berjerawat. Pijatlah wajah dengan gerakan memutar perlahan. Jangan digosok atau dicuci berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit lebih rentan terhadap serangan bakteri. Setelah dibersihkan, oleskan lotion anti-jerawat yang mengandung benzoyl peroxide. 

2. Jaga kebersihan rambut dan tangan. Jangan menyentuh wajah dengan jemari kotor atau menempelkan wajah ke obyek yang sering terpajan sebum atau kulit.

3. Bila jerawat juga menyerang tubuh (yang paling sering adalah punggung), kenakan pakaian yang ringan, longgar, dan menyerap keringat agar kulit dapat bernapas.

4. Kurangi pemakaian bando kain, scarf, dan topi yang merupakan tempat berkumpulnya minyak dan debu. Ganti seprai, sarung bantal, waslap, dan handuk sesering mungkin.

5. Buang makeup yang sudah kadaluwarsa atau telah berubah baik penampilan maupun baunya. Cuci kuas, pemulas, dan sikat makeup dengan cairan antiseptik atau ganti secara berkala.

6. Lindungi kulit dari sinar matahari karena merangsang kulit mengeluarkan lebih banyak sebum yang bisa mengundang atau memperparah jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.