Sukses

Tak Biasa, Polisi di Amerika Serikat Patroli dengan Skateboard

Patroli dengan Skateboard dapat menjangkau pelosok kota.

Liputan6.com, Amerika Serikat Umumnya saat berpatroli, petugas kepolisian akan menggunakan mobil atau sepeda motor sebagai kendaraannya. Namun pemandangan berbeda akan Anda temui ketika kesatuan kepolisian ini tengah bertugas.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral, Selasa (22/7/2014), kesatuan kepolisian Green Bay di Wisconsin, Amerika Serikat bagian tengah memiliki cara yang berbeda saat tengah berpatroli mengamankan lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Patroli dengan Skateboard

Pasalnya di daerah tersebut ada petugas polisi yang berpatroli dengan menggunakan skateboard. Ia adalah Joel Zwicky yang juga seorang mantan fotografer.

"Aku memiliki ide pada 2 tahun lalu karena aku suka skateboard dan mencari apa yang bisa kulakukan dengan itu di pekerjaanku," ucap Joel pada ABC News. Ia kemudian menawarkan ide patroli pakai skateboard ke kesatuannya namun tidak ditanggapi serius.

Gayung bersambut, saat awal tahun lalu kepolisian di daerahnya tengah mencari cara baru agar bisa lebih menyatu dengan warga di sana. Joel pun melihat peluang ini sehingga Joel mengajukan lagi idenya dulu dan disetujui. Pria berusia 40 tahun itu pun memulai patrolinya keliling kota di atas papan luncur pada Mei lalu.

3 dari 3 halaman

Menjangkau Sudut Kota

Menggunakan skateboards, Joel jadi bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau patroli dengan kendaraan lain.

Jika harus berpindah lokasi yang jauh maka ia tinggal mengendarai mobil dengan membawa skateboard-nya. Tentu saja untuk memudahkan tugas maka skateboard tersebut dimodifikasi agar lebih mulus digunakan di jalan dan memiliki lampu LED merah-biru.

"Menggunakan mobil patroli setiap hari rasanya seperti ada pembatas dengan publik dan membuat mereka terintimidasi untuk berbicara dengan kami," tutur Joel. "Tapi dengan aku melintasi mereka, semuanya tersenyum dan kami dapat saling bicara. Bahkan ketika aku berpatroli banyak yang meminta foto bareng."

Joel kemudian mendokumentasikan kesehariannya di blog Skateboardcop dan berharap dapat mengubah cara berpikir yang kuno. Ia ingin agar negara bagian lainnya juga membuat tim polisi skateboard. Untuk sekarang ini mantan musisi tersebut yakin dia satu-satunya polisi skateboard di dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini