Sukses

Melihat Sisi Lain Kota Besar Dunia di Galeri Salihara Jakarta

Kota-kota besar dunia seringkali diidentikkan dengan keindahan dan kemegahan. Padahal, mereka juga memiliki sisi lain yang mengenaskan.

Liputan6.com, Jakarta Kota-kota besar dunia seringkali diidentikkan dengan keindahan dan kemegahan. Padahal, mereka juga memiliki sisi lain yang mengenaskan dibalik keindahannya itu.

Sisi lain menyedihkan ini bisa Anda saksikan melalui pameran foto karya Bertrand Meunier asal Prancis di Galeri Salihara Jakarta mulai kemarin hingga 10 Juni mendatang.

Dalam pameran yang merupakan bagian dari festival Seni Budaya Prancis 2014 (Printemps Francais) dan didukung oleh Institut Français Indonesia ini, Bertrand Meunier memamerkan foto-fotonya tentang kota-kota besar di Asia: Hong Kong, Bangkok, Tokyo, Shanghai, Jakarta. Di kota-kota ini ia menginvestigasi kaitan yang rumit antara manusia, tempat tinggal dan lingkungannya.

Foto-foto Bertrand mengawetkan wajah kota yang rusak, dampak buruk industrialisasi, juga manusia yang terdesak dan tetap bertahan. Dengan foto hitam-putih ia menunjukkan bukan hanya kontras yang kuat pada tiap obyek fotonya, tapi kontras nasib manusia di dalamnya.
   
Bertrand Meunier adalah anggota Tendance Floue, sebuah kelompok fotografer garda depan di Prancis. Foto-fotonya tentang kegetiran hidup masyarakat kawasan industri di Cina setelah kekuasaan Mao Zedong dan kehidupan kumuh di Karachi memenangi Niépce Award 2007. Sementara buku fotografinya Le sang de la Chine, quand le silence tue (The Blood of China: When Silence Kills), yang ia kerjakan bersama wartawan Pierre Haski, memenangi International Media Prize dan Jossep Kessel Prize pada 2005.
           
Jika Anda ingin menengok pameran ini, silakan kunjungi Galeri Salihara yang berlokasi di Jl. Salihara, Jakarta. Pameran ini akan berlangsung  hingga 10 Juni 2014. Pameran ini hanya buka pada hari Senin-Sabtu mulai pukul 11:00-20:00 WIB, dan Minggu mulai pukul 11.00-15.00 WIB. Sementara pada hari libur nasional, galeri ini akan tutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.