Sukses

Memandang `The Lost World` dari Puncak Gunung Roraima

Pemandangan seperti di film The Lost World akan Anda temui ketika tiba di puncak gunung Roraima yang berada di Amerika Selatan ini.

Liputan6.com, Amerika Selatan Ingatkah Anda pada film Jurassic Park: The Lost World, dimana terdapat pemandangan memandang hamparan awan dari puncak gunung?

Pemandangan yang sama seperti di film akan Anda temui ketika tiba di puncak gunung Roraima yang berada di Amerika Selatan ini. Puncaknya yang berupa dataran lebar, seringkali disebut sebagai Table Mountain. Namun penduduk menyebutnya Maverick Rocks.

Seperti dilansir Selasa (1/4/2014), dari ketinggian 2.810 meter dari permukaan laut ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan hamparan awan seperti di film, dan itulah yang menjadi inspirasi Sir Arthur Conan Doyle ketika menulis novel The Lost World.

 

 

Tak hanya itu, gunung ini juga menjadi inspirasi dalam film animasi karya Disney Pixar, yaitu Up. Dalam dokumentasi Behind The Scenes film Up, diceritakan ketika Tim Pixar mendaki gunung ini untuk mengambil gambar dan memindahkannya dalam bentuk animasi.

Sejak ditemukan pada tahun 1596 oleh Sir Walter Raleigh, sejumlah dokumentasi telah dilakukan di area ini. Tahun 2006, sebuah dokumenter dibuat mengenai gunung ini. Bertajuk The Real Lost World, documenter berdurasi dua jam tersebut ditayangkan di sejumlah program terkemuka seperti Animal Planet, Discovery HD Theatre, dan jaringan televisi Kanada yaitu OLN.

 

 

Realitas lainnya, gunung seluas 31 kilometer persegi ini juga menjadi perbatasan tiga negara: Venezuela, Brasil, dan Guyana. Datarannya yang subur menjadi rumah bagi banyak habitat spesies tanaman.

 

 

Spekulasi beredar bahwa puncak gunung Roraima ini pernah menjadi tempat pendaratan pesawat alien, sehingga puncaknya menjadi datar seperti sekarang. Sejarah eksistensi gunung ini pun masih menjadi misteri, karena di area ini nyaris tidak ditemukan sisa-sisa fosil purba sebagaimana yang banyak terdapat di wilayah Amerika Selatan.

Yang jelas, banyak pendaki mengesampingkan segala rumor yang beredar mengenai gunung tersebut, dan menuju kesana hanya untuk menikmati pemandangan The Lost World yang sesungguhnya.

Baca Juga:

Lewati Terowongan Cinta Ini, Harapan Pasangan Akan Terkabul

'Hutan Hitam' ini Jadi Inspirasi Cerita Rakyat di Jerman

 Ketika Para pesilat Berkumpul di Pencak Malioboro Festival

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.