Sukses

Rekrut Menteri dari PDIP, Jokowi Harus Dapat Izin Mega

Meskipun presiden terpilih Jokowi berasal dari PDIP, namun tak bisa sembarangan merekrut kader partainya.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun presiden terpilih Jokowi berasal dari PDIP, namun ayah Kaesang Pangarep yang masih menjabat Gubernur DKI Jakarta ini tak bisa sembarangan merekrut kader partainya untuk menjadi menteri. Mesti ada izin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan, menteri yang diambil dari kader partainya harus mendapat restu dari Mega. Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan etika partai.

"Ya harus seizin dari Ibu Mega, nggak boleh kalau nggak dapat dapat restu (Megawati)," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

Dia menilai, tidak mungkin Jokowi sembarangan memilih menteri dari kader PDIP. Hal tersebut lantaran Jokowi paham betul bagaimana sistem yang ada di partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Nggak mungkin Pak Jokowi merekrut tanpa izin. Kita kan tahu etika politik. Nggak mungkin Pak Jokowi berani melangkahi Bu Mega," tandas Puan.

Jokowi sebelumnya telah mengumumkan kabinetnya terdiri dari 34 kementerian. 18 Menteri berasal dari kalangan profesional non-parpol dan 16 menteri berasal dari kalangan profesional parpol. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini