Sukses

Jokowi: Profesional untuk Kementerian Keuangan, BUMN, ESDM...

Jokowi tak mengumumkan lebih lanjut soal siapa nama-nama yang akan mengisi posisi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Jokowi mengatakan ada 34 menteri yang akan membantunya dalam menjalankan roda pemerintahan pada masa jabatan 2014-2019. Sebanyak 18 menteri di antaranya dari profesional dan 16 lainnya dari profesional partai.

Jokowi tak mengumumkan lebih lanjut soal siapa nama-nama yang akan mengisi posisi tersebut. Sebab kata dia, hal itu masih dalam proses penggodokan oleh dirinya dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) bersama tim transisi.

Namun ketika didesak-desak oleh awak media, Jokowi akhirnya mengungkap sedikit bocoran. "Untuk profesional, ada Keuangan, BUMN, ESDM, terus...," ujar Jokowi di Rumah Transisi, Jakarta, Senin (15/9/2014).

Saat Jokowi belum selesai bicara, Jusuf Kalla yang berada di samping kemudian memotong, "Pertanian," celetuk JK.

Jokowi sebelumnya menjelaskan, dari 34 menteri tersebut, 3 di antaranya adalah Menteri Koordinator (Menko). Wakil Menteri kemungkinan akan ditempatkan hanya untuk Kementerian yang dianggap sangat membutuhkan.

"Wamen (wakil menteri) sementara ini menurut penilaian kita mungkin masih diperlukan adalah Kementerian Luar Negeri," tandas Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini