Sukses

Kisah Cinta Jokowi: Iriana Itu Sederhana dan Ndeso Banget

Sederhana bahkan merupakan titik awal perjalanan cinta keduanya.

Liputan6.com, Solo - Satu kata yang pasti muncul saat melihat pasangan Jokowi dan Iriana adalah sederhana. Tenyata, kesederhanaan itu memang sudah muncul saat keduanya masih berpacaran. Sederhana bahkan merupakan titik awal perjalanan cinta keduanya.

Saat berbincang santai dengan Jokowi dan Iriana di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, keduanya tampak malu-malu mengungkapkan awal pertemuan keduanya.

Perkenalan Jokowi dan Iriana terbilang cukup mudah. Iriana merupakan teman dari adik Jokowi. Jadi, Iriana kerap bermain ke kediamannya. Dari situlah, Jokowi mulai menaruh hati pada Iriana.

"Dia itu sederhana, ndeso banget," kata Jokowi di Solo, Minggu (27/7/2014).

Mendengar komentar itu, wajah Iriana mulai memerah. Sontak tangannya menepuk bahu sang suami sambil menggelitik kecil pinggang Jokowi yang berada tepat di sebelahnya.

"Ngenyek banget sih," ucap wanita berusia 50 tahun itu sambil menebar senyum. Obrolan pun semakin hangat dan santai.

Setelah berhasil mengendalikan diri dari rasa malu, balik Iriana yang mengungkapkan rasa sukanya pada Jokowi yang telah menikahinya 28 tahun lalu.

"Dia dulu orangnya antik dan nggak gaul. Namanya anak muda, dulu pakai kaos sama jeans, tapi dia ini pakaiannya biasa aja. Dan memang punya feeling," kata Iriana.

Itu baru sisi baik, bagaimana dengan sisi buruk Jokowi yang Iriana tak suka. Tapi, di mata Iriana, Jokowi merupakan sosok pria yang sangat menyenangkan. "Nggak nyebelin kok," ujar ibu 3 anak tersebut.  

Ungkapan klasik orang Jawa pun dipegang Jokowi untuk masalah percintaan. Dan, hal itu masih dirasakan sampai saat ini. Witing tresno jalaran soko kulino, yang artinya cinta tumbuh karena terbiasa.

"Ya, biasa-biasa saja, kita jalani biasa-biasa saja. Nggak usahlah saya sampaikan harus begini begitu. Kita ya adanya seperti ini. Apa adanya mengalir," kata Jokowi.

Meski terlihat sederhana dan apa adanya, Iriana tetap memberikan perhatian khusus kepada Jokowi. Sebuah kursi kayu dengan sandaran kaki yang berada di pinggir kolam renang jadi tempat Iriana mencurahkan segala perhatian kepada Jokowi.

"Di kursi ini, biasanya bapak duduk selonjoran. Lalu kakinya saya pijat-pijat. Kalau nggak saya duduk di sampingnya sambil ngobrol," kata Iriana.

28 tahun menjalin tali pernikahan, keduanya sudah dikaruniai 3 anak. Mereka adalah Gibran Rakabuming (1988), Kahiyang Ayu (1991), dan Kaesang Pangarep (1995). (Ein)

Baca juga:

Bakal Jadi Ibu Negara, Iriana Tak Mau Pusing Soal Penampilan
Kala Jokowi dan Sang Istri Hobi Koleksi Barang Antik dan Burung
Keharmonisan Jokowi Bersama Sang Istri di Sela Kesibukan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.