Sukses

Ucapan Selamat PM Singapura dan Menlu AS untuk Jokowi

Penghitungan suara di 33 provinsi menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dari saingan mereka, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ucapan selamat kepada Joko Widodo yang ditetapkan KPU sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2014 disampaikan oleh 2 pemimpin negara ASEAN. Yakni Singapura dan Malaysia.

"Menantikan kerja sama dengannya untuk memperkuat hubungan Indonesia-Singapura," tulis Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melalui akun Twitter seperti dimuat BBC, Rabu (23/7/2014).

Ucapan selamat dari negeri jiran juga melalui situs mikroblogging Twitter.

"Selamat untuk @jokowi_do2 yang memenangkan pemilihan presiden Indonesia. Berharap bisa menegaskan kembali hubungan biltateral dan menanti bertemu Anda," kicau Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, menyebutkan kemenangan Jokowi memperlihatkan rakyat Indonesia kembali bersatu menunjukkan komitmen untuk demokrasi melalui pemilihan yang bebas dan adil.

"Amerika Serikat menanti untuk bekerja bersama presiden terpilih Widodo ketika kita memperdalam kemitraan, mempromosikan tujuan bersama secara global, dan memperluas hubungan rakyat-ke-rakyat antara kedua bangsa," ungkap Kerry dalam penyataan tertulisnya.

Penghitungan suara di 33 provinsi menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapatkan 53,15% suara sementara saingan mereka, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, meraih 46,85% suara.

Meskipun beberapa jam sebelum penetapan ini, Prabowo Subianto menyebutkan proses pilpres tidak demokratis dan dia menyatakan mundur.

"Menolak pelaksanaan Pilpres 2014 yang cacat hukum dan dengan demikian kami menarik diri dari proses yang sedang berlangsung," tegas Prabowo.

Baca Juga:

Jokowi Dapat Ucapan Selamat dari PM Malaysia

Ini Harapan Pengusaha kepada Presiden Baru Jokowi

Kemenangan Jokowi-JK Kado Terindah HUT ke-16 PKB

Jokowi-JK Susun Kabinet Usai Lebaran

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.