Sukses

Buktikan Janji Jokowi Bidang IT, Aplikasi Smartphone Diluncurkan

Aplikasi ini disediakan untuk warga yang ingin mengenal figur Jokowi. Berisi referensi multimedia, fitur aspirasi, dan quiz.

Liputan6.com, Jakarta - Pada debat perdana capres dan cawapres Senin 9 Juni lalu, capres Joko Widodo menyatakan, proyek IT untuk program pemerintah dapat diselesaikan dalam waktu 2 minggu oleh programmer.

Hal ini berusaha dibuktikan oleh relawan Jokowi-JK yang tergabung dalam Rumah Koalisi Indonesia Hebat, dengan membuat sebuah aplikasi dalam waktu 24 jam. Hasilnya, sebuah aplikasi mobile bernama 'Joko Widodo RI-1' kini tersedia di Apple AppStore.

"Dalam waktu relatif sempit, aplikasi ini seolah-olah menjawab tantangan Jokowi dalam debat Senin malam, di mana beliau sempat mengatakan, panggil programer, 2 minggu beres," tulis keterangan dalam kolom update aplikasi tersebut, Kamis (12/6/2014).

Aplikasi itu disediakan untuk warga yang ingin mengenal figur Jokowi. Aplikasi itu berisi referensi multimedia, fitur aspirasi, dan quiz. Salah satu fitur yang menarik adalah fitur 'Your Voice', untuk menyampaikan aspirasi harapan warga apabila Jokowi terpilih sebagai presiden dalam pilpres 9 Juli nanti.

Dalam fitur itu, pengguna aplikasi diberi pertanyaan "Apakah Anda akan memilih Jokowi dalam pilpres mendatang?" Kemudian tersedia pilihan 'Ya', 'Tidak', dan 'Belum Tahu'. Tak hanya itu, pengguna juga disediakan kolom untuk menyampaikan harapan dan saran jika Jokowi terpilih sebagai presiden.

Ada juga fitur quick count yang disiapkan untuk menampilkan hasil hitung cepat yang akan dilakukan Rumah Koalisi Indonesia Hebat, setelah pencoblosan 9 Juli mendatang.

Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur biografi Jokowi, fitur audio video yang menyajikan pidato, deklarasi, berita terkait Jokowi, dan fitur quiz yang berisi pertanyaan seputar Jokowi.

Aplikasi ini baru tersedia bagi para pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch dengan sistem operasi iOS 7.0. Untuk membuat aplikasi ini, Rumah Koalisi menunjuk PT Enervolution sebagai developer aplikasi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini