Sukses

Survei LSI: Elektabilitas Jokowi-Samad Kalahkan Jokowi-JK

Cawapres pendamping Jokowi makin mengerucut setelah capres PDIP itu mengungkapkan pasangannya akan berasal dari Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres pendamping Jokowi makin mengerucut setelah capres PDIP itu mengungkapkan pasangannya akan berasal dari Makassar. Ada 2 tokoh nasional dari Makassar yakni Ketua KPK Abraham Samad dan mantan Wapres RI Jusuf Kalla.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan hasil survei melihat elektabilitas bila Jokowi dipasangkan dengan Samad atau JK. "Jokowi- Samad persentasenya 26,21%. Sementara Jokowi-JK persentasenya 25,32%," ucap peneliti LSI Adjie Alfaraby di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Pasangan Jokowi-JK memiliki selisih 1% dibanding Jokowi-Samad. Adjie melihat hal tersebut tidak signifikan dan peran cawapres dianggap tak mampu mendulang elektabilitas capresnya.

"Kita lihatnya tak beda, selisih hanya 1%. Tak bisa dibaca Jokowi-Samad lebih kuat. Kontribusi cawapres kurang kuat untuk dongkrak elektabilitas relatif sama. Memang yang menjadi vote getter masih capres yang jadi sosok pendulang suara," ungkapnya.

LSI juga mennyurvei lawan Jokowi, yakni Prabowo-Hatta Rajasa serta Hamengkubuwono X-Gita Wirjawan. Bila berhadapan dengan 2 pasangan capres-cawapres tersebut, Jokowi dipastikan menang. Namun, kemenangan Jokowi tak mutlak.

"Pilpres tidak 1 putaran saja seperti Pilpres 2009, karena yang tertinggi masih di bawah 30%," imbuh Adjie.

Sementara itu, tambahnya, bila ada 3 pasangan capres-cawapres, maka peluang saling mengalahkan terbuka lebar. Tak ada pasangan yang akan dominan.

"Jika simulasi 3 pasang, menunjukkan peta menarik. Perolehan Jokowi makin rendah bila ada pasangan capres-cawapres ketiga. Ketika nanti ada 3 capres, selisih antara capres makin mengecil. Peluang saling mengalahkan pun makin besar," pungkas Adjie.

Survei LSI digelar dari 1-9 Mei 2014, dengan jumlah responden sebanyak 2.400 orang. Metode survei memakai multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2%.

Berikut hasil lengkap survei LSI:

I. Berhadapan dengan Jokowi-Samad (26,21%): Prabowo-Hatta Rajasa 17,76%, Sultan HB X-Gita Wirjawan 14,82%, dan Swing Voters 41,21%.

II. Berhadapan dengan Jokowi-JK (25,32%): Prabowo-Hatta 18,14%, Sultan HB X-Gita Wirjawan 16,02%, dan Swing Voters 40,52%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini