Sukses

Usai Pertemuan Cikini, Amien Rais: Kita `Setel Orkes yang Indah`

Menurut Amien Rais, partai-partai politik Islam berkomitmen untuk bekerja sama dalam sebuah koalisi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Penasihat Partai Amanat Nasional Amien Rais mengatakan, para elite partai politik Islam dan berbasis Islam saling bertukar pikiran serta informasi dalam pertemuan yang digelar kediaman Ratna Hasyim Ning, malam ini.

Dari pertemuan itu, menurut mantan Ketua MPR tersebut, ada penyamaan persepsi agar jangan sampai pemilu tahun ini tidak menghasilkan sebuah perubahan positif untuk Indonesia. Untuk itu, partai-partai politik Islam berkomitmen untuk bekerja sama dalam sebuah koalisi.

"Menyetel `orkes yang indah`, kemudian mencari platform. Tapi memang tidak mungkin tanpa kekuatan lain," ujar mantan Ketua Umum PAN tersebut usai pertemuan di Jalan Cikini Raya No. 24, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/4/2014) malam.

Namun, Amien menjelaskan, belum ada kesepakatan akhir terkait rencana Koalisi Poros Tengah. Karena pada pertemuan pertama ini, imbuh penggagas kelompok Poros Tengah pada tahun 1999, baru menyamakan persepsi. Selanjutnya, hasil pertemuan akan dibahas pada internal masing-masing partai.

Yang pasti, setelah sepakat berkoalisi. Nantinya partai-partai Islam itu akan berkerja sama dengan partai nasional yang memiliki kesamaan visi dan misi. "Jadi itu clue (petunjuk) nya karena koalisi partai Islam memang tidak relevan. Partai Islam semua juga nasionalis," tukas mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini