Sukses

Masih Ada Masyarakat Kampung Pulo yang Mandi Pakai Air Kali

Masyarakat di sekitaran kali daerah Kampung Pulo, Jakarta Timur, masih menggunakan air kali di kehidupan sehari-hari.

Perilaku kebanyakan masyarakat Jakarta masih jauh dari bersih dan sehat. Terutama mereka yang tinggal di sekitar kali di wilayah Kampung Pulo, Jakarta Timur.

"Kalau di sana (Kampung Pulo) memang masih ada yang mencuci di kali, buang air besar dan kecil di kali, dan malah kadang ada yang mandi. Karena di sana ada seperti getek tempat pijakan untuk mereka," ujar Nur, warga Kelurahan Bukit Duri.

Kelurahan Bukit Duri merupakan daerah yang tidak jauh dari Kampung Pulo, hanya dipisahkan dengan aliran sungai. "Di sini sudah Kelurahan Bukit Duri di seberang kali sana sudah masuk Kampung Pulo, Jakarta Timur. Kalau di Bukit Duri sendiri tidak ada yang menggunakan air kali karena jauh juga jaraknya," ujar Nur.

Saat dikonfirmasi, pihak Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta mengatakan akan menegur lurah dan pihak yang berwenang di daerah tersebut.

"Seharusnya itu sudah tidak boleh lagi ada yang menggunakan air kali karena itu kan sudah jelas kotor. Gunakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata Kepala Bidang Penanggulanan Masalah Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, dr. Jhon ST. Marbun M.Kes.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Bukan hanya pemerintah yang harus tuun tangan, masyarakat juga harus mulai sadar PHBS. Mulai tingkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat sejak dini," kata dr. Jhon.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini