Sukses

Tertimpa Tiang Listrik, Pria Ini Alami Katarak Berbentuk Bintang

Sebuah kecelakaan ambruknya tiang listrik yang menimpa seorang pria di California, akhirnya berbuntut kerusakan pada lensa matanya

Sebuah kecelakaan ambruknya tiang listrik yang menimpa seorang pria di California, akhirnya berbuntut kerusakan pada lensa matanya (katarak). Yang aneh, katarak yang menimpa pria tersebut bentuknya menyerupai bintang.

Seperti dikutip laman Businessinsider, Jumat (24/1/2014) seorang profesor ahli Optalmologi dari Universitas California, San Diego, Amerika Serikat dr. Bobby Korn yang merawat pasien tersebut mengatakan bahwa saat kecelakaan, pria ini dialiri 14.000 volt listrik sehingga saraf optik yang menghubungkan bagian belakang mata ke otak mengalami kerusakan.

"Saraf optik itu mirip dengan kawat yang mengalirkan listrik. Tegangan arus yang ekstrim membuat kerusakan pada saraf optiknya," kata Korn.

Yang jadi masalah, setelah empat minggu perawatan di rumah sakit, lensa mata pasien itu membentuk gelembung atau vakuola di luar lensa. Hal ini membuat pasien tersebut mengalami katarak berbentuk bintang.

"Pria itu akhirnya menjalani operasi untuk menghilangkan katarak dan dipasangi implan lensa baru. Sekarang ini pandangannya sedikit membaik tapi masih terbatas," jelas Korn.

Korn menjelaskan bahwa mata itu seperti kamera. Jika lensa rusak, maka dapat diganti dengan yang baru, tetapi jika saraf optik dan retinanya rusak, maka Anda akan tidak akan pernah mendapatkan gambar yang bagus.

Kasus pria ini dilaporkan dalam edisi 23 Januari dari New England Journal of Medicine.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini