Sukses

Coba Periksa Payudara Sendiri, Cegah Kanker Sejak Dini!

Ada lima langka pencegahan kanker payudara yang dapat dilakukan para wanita ketika di rumah.

Selain menjaga pola hidup yang lebih sehat, seorang wanita dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan agar terhindar dari kanker payudara, penyakit yang paling ditakuti seluruh kaum hawa di dunia.

Ada lima langka pencegahan kanker payudara yang dapat dilakukan ketika di rumah, seperti diutarakan Spesialis Bedah Umum Gleneagles Hospital Singapore, Dr. Esther Chuwa dalam bincang santai bersama media di Bali Room Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (6/12/2013) :

  1. Periksa payudara Anda ketika mandi
  2. Lanjutkan pemeriksaan payudara di depan cermin dengan cara lengan diangkat ke atas atau diletakkan di pinggang. Setelah itu periksa apakah mengalami bengkak, kemerahan, atau ada perubahan di kedua payudara.
  3. Tekan perlahan-lahan payudara untuk mencari benjolan, dimulai dari tengah melingkar keluar
  4. Berbaring dan ulangi pemeriksaan
  5. Lihat puting untuk melihat apakah ada cairan.

Pada dasarnya semua wanita bisa saja mendapatkan kanker, karena di dalam tubuhnya sudah terdapat sel kanker. Menurut Dr. Esther, penyebab pasti dari kanker payudara ini sendiri belum diketahui.

"90 persen wanita dengan kanker payudara tidak memiliki riwayat keluarga. 70 persen tidak memiliki faktor risiko. Nampak adanya peranan terkait antara faktor keturunan, hormon, dan faktor lingkungan," kata Dr. Esther menjelaskan.

Lebih lanjut wanita yang juga merupakan anggota komite Penasehat Kesehatan Perempunan ini mengatakan bahwa hanya 5 sampai 10 persen dari keseluruhan kanker payudara diturunkan. Sebanyak 66 persen dari kanker payudara yang diturunkan adalah karena mutasi BRCA1/2.

"Seseorang dengan mutasi BRCA1/2, sebanyak 45 sampai 65 persen risiko terkena kanker payudara saat berusia 70 tahun. 11 sampai 39 persen risiko terkena kanker kandung telur (ovarium)," kata Dr. Esther lagi menambahkan.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini