Sukses

Pengobatan Alternatif yang Populer di Indonesia

Selain dalam bentuk ramuan obat tradisonal ada beberapa jenis pelayanan kesehatan tradisional yang ada di Indonesia.

Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dan dari situlah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif dalam memelihara kesehatan. Pengobatan tersebut tentu menggunakan tanaman yang tersedia di alam.

"Tidak hanya Indonesia sebenarnya, tetapi pemanfaatan tanaman untuk pengobatan tradisional di Indonesia terbilang masih banyak yang percaya dan itu perlu dilestarikan," kata Kasubdit Bina Produksi dan Distribusi Obat-obatan dan tradisional Dra. Nadira Rahim, Apt. Mkes.

Selain dalam bentuk ramuan obat tradisonal ada beberapa jenis pelayanan kesehatan tradisional yaitu:

1. Jamu

Ramuan bahan alami ini bermanfaat memelihara kesehatan, meningkatkan nafsu makan, kecantikan, kegairahan dan bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit.

"Jamu tidak menyembuhkan atau mengobati penyakit, tetapi untuk mencegah penyakit dan mempertahankan kesehatan," kata Kepala Unit Pengobatan Integratif, dr. Aldrin Nelwan, Sp.AK. MARS. , Mkes., MBiomed, ditulis Jumat (8/11/2013).

2. Gurah

Merupakan alternatif pengobatan tradisional dengan cara membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun, dan mengandung berbagai kuman penyakit.

Cara yang digunakan dengan meneteskan cairan ramuan khusus larutan kulit pohon sengguguh ke dalam hidung.

Manfaat gurah yaitu membuat semua saraf tubuh bereaksi menekan, mendorong, dan mengeluarkan lendir kotor akibat debu, rokok, kopi dan alkohol sehingga saluran pernapasan, pencernaan dan peredaran darah akan beralih dan lancar.

3. Naturopathy

Pengobatan yabg menggunakan ramuan yang berasal dari China dan Indonesia dengan pemeriksaan denyut nadi, lidah, mata, dan kulit wajah dan pengobatannya tidak melalui operasi.

Ramuan naturopathy bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan dengan menggunakan suplemen herbal dan dapat mengobati berbagai penyakit.

4. SPA (Sehat Pakai Air)

Perawatan menyeluruh untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan perasaan dengan menggunakan air yang diberi ramuan.

5. Ayuverda

Ilmu tentang kehidupan untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit yang berbasis pada keseimbangan tubuh. Membagi tubuh berdasarkan udara, air, dan api seperti konsep yin dan yang.

Metode ini menekankan pada pentingnya gaya hidup sehat melalui pola makan vegetarian dan relaksasi serta menggunakan obat herbal.

6. TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

Ramuan bisa diperoleh pada pengobatan tradisional ramuan tetapi dapat pula diupayakan sendiri dengan memanfaatkan ruang atau pekarangan rumah.

Tanaman obat yang biasa ditanam yaitu jahe, kunyit, temulawak, sirih, kumis kucing, daun dewa, kembang sepatu, dan jeruk nipis.

"Menurut data Riskedas 2010 sebanyak 55,3 persen penduduk Indonesia minum jamu dan 95,6 persennya mengakui itu bermanfaat. Maka lestarikan tanaman obat di Indonesia dan mafaatkan pengobatan tradisional yang memiliki STPT," ujar dra. Nadira.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini