Sukses

Tanda Anda Sudah Olahraga Berlebihan

Orang rela berdiet dan berolahraga agar sehat dan memiliki berat badan ideal. Tapi, tak ada jaminan hasil dari usahanya itu sama untuk semua

Orang rela berdiet dan berolahraga agar sehat dan memiliki berat badan ideal. Tapi, tak ada jaminan hasil dari usahanya itu sama untuk semua orang.

Ada orang yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar tapi kurang berolahraga. Namun, di sisi lain ada banyak orang yang olahraga berlebihan demi mencapai tujuannya.

Anda sebenarnya bisa mengetahui olahraga Anda sudah cukup atau berlebihan dengan menjawab pertanyaan di bawah ini karena semua orang berbeda.

Ada tanda-tanda umum olahraga yang Anda lakukan berlebihan seperti dikutip Healthdailypost, Minggu (18/8/2013).

1. Tak mampu menyelesaikan rutinitas normal

Pada awal-awal, Anda mungkin berjuang untuk menyelesaikan tujuah Anda atau harus berhenti memulihkan diri Anda.

Jika di awal Anda sudah merasa lelah ketika berolahraga dan bukan karena kurang olahraga, Anda perlu mempertimbangkan jika Anda ingin memaksa Anda mendorong lebih jauh.

2.Otot berkurang meski latihan meningkat

Tak banyak orang yang menyadarainya tapi ada keseimbangan di tubuh antara otot dan lemak. Ketika Anda berolahraga, Anda membakar lemak. Tapi, jika Anda tak selalu aktif, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Itulah alasannya di hari berikutnya Anda tak bisa menjalankan larian 5 kilometer.

Jika Anda mencoba untuk melakukan hal ini, tubuh Anda akan memasuki jaringan otot dan glukosa / glikogen daripada membakar lemak. Ini berarti Anda akan kehilangan otot, kebalikan dari tujuan Anda.

Jika Anda melihat perubahan ini di tubuh Anda karena bereaksi terhadap latihan, kurangilah.,

3. Setiap hari kelelahan

Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk istirahat, bahkan ketika Anda mengatakan ke diri sendiri untuk terus berjalan. Kadang-kadang Anda perlu mendengarkan tubuh Anda ketika itu menyakiti Anda demi menghindari cedera atau sakit.

4. Lebih energik ketika tidak berolahraga

Ini mengacu pada pelari atau atlet angkat besi yang mengerahkan sejumlah besar energinya dengan cepat ketika berolahraga. Terlalu banyak berolahraga membuat ketidakmampuan sistem saraf simpatik untuk memperlambat karena dalam keadaan stres kronis bisa memengaruhi tidur Anda.

5. Anda umumnya seorang atlet ketahanan dan terlalu lelah ketika tidak berolahraga

Ini mengacu pada daya tahan dan ketahanan pelatih yang kebanyakan membuat sistem saraf parasimpatis kerja berlebihan, menyebabkan tubuh meningkatkan kadar kortisol dan penurunan testosteron karena memerlukan ransum dalam penggunaannya.

6. Sendi, tulang, dan anggota badan sakit

Ada penyakit tertentu yang terjadi dengan olahraga yang disebut Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS), yang biasanya hilang dalam beberapa hari. Ini reaksi alami usai melakukan aktivitas.

Namun, Anda harus peduli dengan kelebihan olahraga  jika tidak ingin berjuang untuk bergerak secara alami sepanjang hari.

7. Penyakit meningkat

Kelebihan olahraga bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan Anda sering jatuh sakit. Stres dan kurang istirahat akan membuat Anda menjadi lebih baik. Jika Anda mengalaminya saat berolahraga, berikan waktu untuk istirahat.

8. Anda merasa sakit berjam-jam atau berhari-hari segera setelah olahraga

Jika Anda rutin berolahraga dan tidak merasa endorphinnya tinggi setelah rutinitas Anda, ini menjadi tanda Anda berlebihan olahraga. Anda mungkin merasa sulit ketika sakit, tapi jika Anda berada di kondisi terendah, bisa jadi Anda terlalu keras berolahraga.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.