Sukses

Awas, Jus Buah Rusak Gigi Anak!

Banyak anak yang diberi jus buah oleh para orangtuanya. Padahal jus buah menyimpan gula yang lumayan banyak

Konsumsi jus bagi anak-anak bisa jadi dianggap menyehatkan oleh para orangtua. Namun, dokter gigi di Inggris mengatakan, justru juslah yang menyebabkan gigi anak-anak rusak.

The British Dental Association mendesak para orangtua untuk membatasi pemberian jus pada anak. Sekitar 25 persen balita secara teratur mengonsumsi jus buah, sedangkan dua per tiganya rutin mengonsumsi permen manis dan makanan ringan.

Konsumsi jus buah tanpa gula memang baik, dan biasanya dikonsumsi ima porsi sehari. Namun melumat buah dengan blender hingga gulanya keluar justru itu yang tidak baik bagi anak-anak. Lebih baik makan buah utuh saja, kata para peneliti.

Hasilnya, para ahli menyarankan agar anak-anak mengonsumsi jus tak lebih dari 150 ml per saji.

Dr Nigel Carter, chief executive dari British Dental Health Foundation, mengatakan banyak orangtua tanpa sadar justru merusak gigi anak-anaknya.

"Jus buah kini menjadi sangat populer karena tampak seperti ide yang baik dan menyehatkan. Namun, jus buah mengandung gula yang sangat tinggi dan asam sehingga dapat merusak gigi anak-anak Anda," kata Nigel seperti dikutip Dailymail, Senin (15/4/2013)

"Pada usia yang relatif muda bagi anak-anak, sangat tidak realistis untuk menghilangkan makanan dan minuman manis sama sekali dari diet anak. Untuk mengatasi ini semua, penting untuk orangtua mencoba menjaga asupan makan anaknya, dan memastikan anaknya hanya minum air mineral atau susu di antara waktu makan," tambahnya. (Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini