Sukses

Kiat Agar si Kecil Mau Tidur Sendiri

Membiasakan si kecil agar tidur sendiri harus dimulai sejak dini. Bagaimana caranya?

Umumnya, balita takut tidur sendiri. Balita akan berimajinasi dan memunculkan pikiran yang membuat takut serta gugup. Tapi, karena usia balita bakal berlanjut, orangtua perlu mendidik anak si kecil terbiasa dan berani tidur sendiri.

Pada dasarnya, orangtua harus paham pentingnya anak tidur sendiri. Supaya sejak awal anak dididik mandiri dan berani. Meski tidak mudah membuat balita mau tidur sendiri, ada kiat yang akan membantu orangtua supaya anak mau tidur sendiri. seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (5/4/2013).

Rencanakan sebelumnya

Jangan tiba-tiba meminta anak tidur sendiri. Harus direncanakan dan dipastikan caranya sebelum bertindak.

Langkah pertama, biarkan anak tidur sendiri ketika berada di kamar orangtua. Kemudian, setiap tidur siang, tempatkan di kamarnya. Setelah merasa akrab dengan kamarnya, biarkan anak tidur sendiri di malam hari.

Menjamin keamanan

Membiarkan anak tidur sendiri bukan berarti orangtua ingin menghindari kehadirannya. Buat anak merasa kalau orangtua selalu ada di dekatnya setiap ia butuh.

Bisa coba 'kunjungan 10 menit' ke kamar anak. Katakan kepadanya kalau Anda akan datang setiap 10 menit dan lakukan sampai anak tertidur. Itu akan menjamin anak merasa orangtua bersamanya.

Menghabiskan waktu dalam gelap

Jika anak takut kegelapan, habiskan waktu dalam kegelapan adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya. Matikan lampu dan lewati waktu dengan permainan kata-kata.

Mematikan lampu dan menempatkan lampu juga efektif memberitahu anak kalau tidak ada cahaya ruangan tidak akan berubah.

Terapkan rutinitas sebelum tidur

Segelas susu hangat, menyikat gigi, mengucapkan selamat malam atau membaca cerita dongeng akan membuat tidur anak menyenangkan dan tidak bermimpi buruk.

Setelah itu, anak akan menyadari kalau tidur juga bagian rutinitas sehari-harinya.

Hilangkan gangguan

Periksa apakah ada suara gangguan, lampu, atau pemandangan yang bisa menarik perhatian anak. Apakah akan berhasil kalau meminta anak tidur, tapi Anda malah nonton TV?

Biarkan tidur sendiri

Kesalahan yang dilakukan orangtua adalah menemani anak hingga tidur lalu meninggalkannya saat tengah malam. Itu tidak menjamin anak merasa aman ketika tidur. Buat nyaman dan biarkan anak tidur sendiri. (Zul/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini