Sukses

EPI ECG Genggam, Deteksi Jantung Kapan Saja

Periksa jantung sekarang lebih mudah, karena ada alat sebesar ponsel pintar yang bisa membantu Anda

Kalau Anda ingin periksa jantung, tak usah lagi ke rumah sakit atau klinik. Di rumah atau di mana saja Anda berada bisa mengecek kondisi jantung Anda lewat alat deteksi jantung mobile yang disebut EPI ECG genggam.

Alat mirip smartphone yang diproduksi di Singapura seharga hampir 10 juta rupiah ini dapat mendeteksi secara dini gangguan jantung. Bahkan bila Anda terdeteksi menderita jantung, alat ini  juga akan memberi rujukan rumah sakit mana yang harus Anda datangi.

Menurut dr. Sonni Nugroho dari Yayasan Jantung Indonesia (YJI), perangkat ini juga diklaim memiliki tingkat akurasi hingga 98 persen dan telah lulus uji klinis internasional.

"Tidak diragukan lagi akurasinya karena sudah diinvestigasi sehingga bisa mengklaim kalau akurasinya mencapai 98 persen," kata Sonni saat peluncuran EPI ECG genggam di Puri Denpasar, Jakarta Jumat (15/3/2013).

Menurut Direktur EPI ECG genggam Wahjoe Oetomo cara kerja alat yang sudah dijual di Malaysia, Filipina, dan Singapura ini cukup mudah. Anda tinggal meletakkan jari atau dada pada sisi alat hingga keluar ECG berupa grafik yang menunjukkan irama jantung.

Dalam waktu 30 detik, sinyal bisa Anda kirimkan ke layanan call center yang siaga 24 jam dan bisa dihubungi di hotline 021-727 883 80. Selanjutnya, jawaban berupa pesan pendek akan Anda terima yang berbunyi misalnya "jantung Anda sehat".

"Ini adalah salah satu alat yang bisa menjawab keraguan Anda apakah Anda masuk angin atau memiliki penyakit jantung karena gejalanya sama," ujar Wahjoe. (Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini