Sukses

Pertolongan Pertama Saat Anak Demam

Ketika Anak demam, orangtua cenderung akan panik. Apalagi jika yang dihadapi anak pertama. Berikut ini kami akan bantu memberikan panduan dalam menangani anak yang demam.

Ketika Anak demam, orangtua cenderung akan panik. Apalagi jika yang dihadapi anak pertama. Sebuah survei terbaru menemukan kalau orang tua jauh lebih  agresif dalam menangani anak ketika demam dibandingkan para profesional kesehatan. 

Peneliti menemukan kalau hanya 43% orangtua (dibandingkan dengan 86% dokter dan 64% perawat)  tahu kalau demam di bawah 38 derajat celcius bisa ditangani. Kebanyakan orangtua (dibandingkan dengan hanya 11% dokter) melaporkan kalau mereka akan mengobati demam jika anak panasnya mencapai 38 derajat celcius.

Tips berikut ini adalah langkah-langkah dalam membantu menurunkan demam anak Anda, seperti dilansir Canadianliving, Senin (11/2/2013):

1. Pastikan untuk terus terhidrasi dengan minum air putih dan jus buah segar alami. Jika masih menyusui, Anda harus terus melakukannya.

2. Jika anak Anda telah kehilangan nafsu makan selama beberapa hari, jangan memaksa memberinya makan. Kehilangan nafsu makan merupakan respons adaptif yang berhubungan dengan demam yang memungkinkan tubuh untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

3. Pastikan pakaian anak Anda longgar dan cobalah untuk mencegah Anak Anda dari menggigil akibat angin. Gunakan selimut atau mandi dengan air hangat.

4. Memandikan anak Anda dalam air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

5. Pastikan anak Anda mendapatkan banyak tidur dan istirahat.

Jika dengan cara tersebut anak Anda masih memiliki demam yang tinggi, orangtua pasti akan semakin khawatir. Berikut ini adalah panduan ketika Anda harus membawa anak Anda ke dokter:

• Jika bayi di bawah usia 3 bulan terkena demam
• Jika anak Anda demam disertai kejang-kejang atau berhalusinasi
• Jika demam anak Anda tidak berubah di lebih dari tiga hari
• Jika anak Anda mengeluh leher kaku
• Jika anak Anda berulangkali demam disertai muntah atau diare
• Jika demam anak Anda mencapai 40 C atau lebih atau sekitar 39,4 C di ketiak

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini