Sukses

9 Perilaku Berisiko yang Ancam Kesehatan Remaja

Pekan kesehatan remaja dunia atau dikenal dengan Global Teen Health dimulai pekan ini. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memaparkan beberapa perilaku berisiko yang bisa mengganggu kesehatan remaja.

Liputan6.com, Jakarta Pada 18 hingga 24 Maret 2018 diperingati sebagai Pekan Kesehatan Remaja Dunia (Global Teen Health Week). Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyorot beberapa masalah terkait kesehatan remaja Indonesia di pekan ini.

Dalam kultwit (kuliah Twitter) di akun @idai_tweets, remaja adalah penduduk yang berada dalam rentang 10-18 tahun (Permenkes RI No. 25 Tahun 2014). Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), rentang usia remaja adalah 10-24 dan belum menikah. Di Indonesia, sekitar 44,73 juta penduduk adalah remaja (10-19 tahun) atau sekitar 7,29% dari total populasi.

Untuk kesehatan remaja, IDAI juga melakukan pendidikan, pelayanan kesehatan, penelitian ilmiah, serta pengabdian masyarakat yang dilaksanakan sesuai etika dokter spesialis anak. Melalui Twitter, IDAI merinci fakta-fakta seputar Perilaku Berisiko Kesehatan Remaja. Cek satu per satu yuk.

1. Remaja jarang sarapan

"Fakta pertama, tahukah kamu bahwa 2 dari 3 remaja tidak sarapan pagi? Hayo, kamu masuk kelompok sarapan atau tidak sarapan?"

2. Remaja lebih suka makanan siap saji

"Fakta kedua, 1 dari 2 remaja konsumsi makanan siap saji lebih dari ≥1 kali sehari. Saat ini, makanan siap saji sangat mudah didapatkan lho! Setuju gak?"

 

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Remaja cenderung konsumsi soft drink

3. Remaja cenderung konsumsi soft drink

"Fakta ketiga, 1 dari 4 remaja konsumsi soft drink ≥1 kali sehari. Siapa nih yang suka minuman manis? Atau kamu yang manis?"

4. Remaja sedikit makan sayur dan buah

"Fakta keempat, 8 dari 10 remaja kurang makan sayur dan buah. Asupan sayur dan buah kita masih kurang, guys!"

5. Remaja semakin malas gerak

"Fakta kelima, 2 dari 5 remaja kurang aktivitas fisik. Yang lagi pegang gadget, minggu ini olahraganya sudah berapa kali hayo?"

6. Remaja jarang curhat sama orang tua

"Fakta keenam, 2 dari 3 remaja merasa orang tua tidak mengerti. Harus lebih sering curhat sama orang tua nih.."

 

3 dari 3 halaman

7. Remaja sering kesepian

7. Remaja sering kesepian

"Fakta ketujuh, 1 dari 2 remaja merasa kesepian dan khawatir berlebih. Di antara kita masih banyak nih yang kurang kasih sayang."

8. Remaja pernah merasakan bully

"Fakta kedelapan, 1 dari 5 remaja pernah dibully. Kalau menurut kalian, gimana perasaan teman kalian yang dibully?"

9. Remaja tak jauh dari rokok

"Fakta kesembilan, 1 dari 4 remaja pernah merokok. Gimana nih pendapatmu tentang remaja yang merokok?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.