Sukses

5 Langkah Mengatasi Kesedihan Saat Ditinggal yang Tersayang

Kesedihan akan kehilangan orang yang disayang memang begitu menyakitkan. Inilah lima langkah mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Kematian dan perpisahan memang membawa kesedihan yang mendalam bagi seseorang. Kesedihan bisa membuat Anda merasakan nyeri yang cukup hebat, malas melakukan aktivitas, hingga berniat untuk bunuh diri.

Dilansir dari Step to Health, Kamis (15/3/2018), saat dilanda kesedihan tadi, penting bagi Anda untuk bangkit dan move on untuk menghindari efek buruknya. Oleh sebab itu, berikut lima cara mengatasi rasa sedih tadi:

1. Menangislah sebanyak yang Anda butuhkan

Mungkin Anda sering mendengar nasehat yang mengatakan menangis hanya untuk orang lemah. Padahal, menangis adalah salah satu obat terbaik guna mengurangi kesedihan yang mendalam sekaligus melampiaskan rasa frustasi.

Ketika menangis, beban fisik, mental, dan emosional pun akan menjadi lebih ringan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membiarkan diri merasakan sakit dan tidak malu untuk menangis.

2. Beri diri Anda ruang dan waktu

Lamanya waktu Anda bersedih pun beragam, bisa berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan sampai bertahun-tahun. Semua itu bergantung pada faktor yang membuat Anda bersedih, antara lain kepribadian, hubungan dengan seseorang yang meninggalkan, respon terhadap masalah, hingga cara mengatasi situasi teresbut. 

Mengenyampingkan hal itu, Anda tidak perlu memaksakan diri bangkit dari kesedihan. Walau memang Anda harus bisa melangkah ke depan, tapi tak perlu terburu-buru. Ini bukan perlombaan.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mintalah bantuan orang lain saat mengalami kesedihan

3. Mintalah bantuan

Ketika mengalami kesedihan, Anda membutuhkan seseorang untuk sekadar menyandarkan bahu sembari menangis. Anda dapat menemui seseorang yang dapat menjadi pendengar sekaligus pemberi nasehat yang baik.

Selain itu, Anda juga dapat menemui terapis atau sekelompok orang yang bernasib sama. Bisa jadi Anda akan menemukan dukungan dari beberapa orang yang mengalami situasi serupa.

4. Ungkapkan emosi

Salah satu cara mengobati rasa sedih yang mendalam adalah dengan mengungkapkan apa yang Anda rasakan. Tak harus pada orang lain, Anda dapat berbicara di depan cermin atau menuliskan jurnal harian mengenai emosi yang dirasakan.

Setelah melakukan semua itu, Anda akan merasa lebih bebas dan dapat menentukan langkah selanjutnya. Jangan biarkan emosi membuat Anda terperangkap dan menyerang diri sendiri.

5. Jaga dirimu

Kesedihan terkadang membuat Anda mengabaikan penampilan diri hingga tugas sehari-hari. Sayangnya, hal ini tidak akan menyembuhkan kondisi emosional dan spiritual.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga tubuh dengan mandi, menyisir rambut, berganti pakaian, dan keluar rumah untuk sekadar menghirup udara segar. Walau awalnya sulit, hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.