Sukses

Susu Kental Manis Tak Ada Bedanya dengan Permen

Ahli nutrisi lulusan University of Alabama ini tidak berani menyebut susu kental manis sebagai produk susu karena memiliki kadar gula yang sangat tinggi.

Liputan6.com, Malang Minum susu secara rutin memang bagus untuk memperkaya nutrisi di dalam tubuh. Namun, tidak semua jenis susu bisa disamaratakan. Kalau dalam bahasa ahli gizi, ada istilah serupa tak berarti sama.

Maksudnya, ada perbedaan yang sangat signifikan antara susu sapi mentah, susu pasteurisasi, susu UHT, susu bubuk, dan susu kental manis. Jenis satu dengan yang lain bisa dilihat perbedaannya berdasarkan angka kecukupan kalori, lemak, protein, dan kalsium.

 

Baca juga:

 

Matthew Lantz Blaylock BS, PhD, MP NLP, ACMC, Ahli Nutrisi lulusan University of Alabama tidak berani menyebut kental manis sebagai produk susu karena memiliki kadar gula yang sangat tinggi.

"Saya lebih suka bilang kental manis itu bukan susu. Lebih cocok disebut sebagai permen karena kandungan gulanya hampir sama dengan kandungan susunya. Produk susu yang benar adalah susu yang dihasilkan dari sapi betina yang sehat kemudian dipasteurisasi, sehingga bakteri jahat yang ada bisa terbunuh," ucap Matthew kepada Health-Liputan6.com saat ditemui di peternakan sapi perah Greenfields yang berlokasi di Desa Babadan, Malang, Jawa Timur, Rabu (7/3/2018).

Bakteri jahat yang dimaksud Matthew adalah streptococcus lactis, achromobacter, bacillus subtilis, dan coliform bacteria. Keempat bakteri jahat itu ada di susu murni belum dipasteurisasi. Tak heran kalau masa berlaku susu pasteurisasi sangat singkat karena tidak mengandung bahan pengawet dan campuran lain. Beda halnya dengan susu kental manis yang potensial memicu obesitas.

 

Baca juga:

 

Pernyataan dosen Universitas Ciputra Surabaya ini senada dengan data yang dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Susu kental manis (SKM) adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu. SKM dibuat dengan cara menguapkan sebagian air dari susu segar (50%), kemudian ditambah dengan gula 45-50%.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan susu terbaik ada di tangan

Pria yang sudah hampir 15 tahun tinggal di Indonesia menjabarkan secara spesifik soal kecukupan kalori, lemak, protein, dan kalsium. Susu pasteurisasi punya nilai kalori tinggi yaitu antara 102 hingga 120 kalori, sementara susu kental manis kalorinya sangat rendah.

"Setiap pilihan selalu ada konsekuensi dan berpengaruh besar kepada kesehatan. Susu segar yang dihasilkan dari peternakan sapi yang sehat, jauh lebih baik dari susu yang telah beberapa kali diolah. Apakah pantas kita memberikan sesuatu yang tidak terbaik untuk keluarga yang kita sayangi?" ucap pria yang juga memiliki spesialisasi dalam bidang pelatihan kesehatan dan kebugaran.

Matthew tidak menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi susu kental manis maupun susu bubuk yang juga mengandung sejumlah bahan kimia. Susu UHT, lanjutnya, masih lebih oke untuk dikonsumsi. Tapi lebih bagus lagi adalah susu pasteurisasi.

 

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.