Sukses

Anak Bisa Suka Membaca Buku, Trik Ini Harus Orangtua Lakukan

Orangtua harus melakukan beragam upaya agar si Kecil memiliki hobi membaca buku

Liputan6.com, Jakarta Di era gadget kayak sekarang ini, kebiasaan membaca buku pada anak perlahan-lahan menurun. Anak enggan membuka lembar demi lembar setiap halaman dari buku yang ada, tapi lebih memilih bermain video game dan berselancar di dunia maya ketimbang membaca buku.

Orangtua harus berperan aktif mengenalkan kebiasaan membaca setiap hari, terutama di malam hari. Mendongeng, membaca buku cerita, serta permainan huruf dan kata bisa meningkatkan kemampuan membaca anak secara signifikan.

 

"Kemampuan dan minat baca anak tentu harus dimulai dari orangtua. Jika mereka dibiasakan membaca buku setiap hari, aktivitas satu ini jadi hal yang seru dan menyenangkan. Bukan suatu beban terutama pada anak-anak yang mulai belajar membaca," ujar Janine seorang praktisi pendidikan usia dini, seperti dikutip The Maven.

Cara paling mudah adalah dengan menyediakan bacaan dengan gambar menarik untuknya. Anak-anak awalnya memang lebih suka dengan bentuk visual yang menarik. Jadi selalu sediakan buku bacaan untuk anak di rumah.

 

"Buat story time, biasanya aku menerapkan saat akan tidur siang lalu ketika jelang tidur malam, durasinya sekitar 10 hingga 20 menit. Baca sambil menunjukkan untaian huruf dan gambar di dalamnya. Jangan melarang jika anak ingin menyentuh buku-buku yang ada," kata Janine.

Cari tahu juga kesukaan anak. Misalnya si kecil sangat suka pesawat, kereta atau planet-planet. Lalu cari buku yang temanya sangat disukai anak. Pasti si kecil akan selalu mendekap buku tersebut ke mana pun. Ia juga akan meminta Anda membacakannya lagi dan lagi.

"Saat anak suka dengan hal tertentu mereka bisa melakukannya berulang kali. Hal ini akan memancing anak untuk belajar membaca buku dan ingin memiliki lebih banyak lagi buku," kata Janine.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Rak Khusus Agar Anak Gemar Membaca Buku

Jangan lupa siapkan rak khusus untuk buku-buku anak. Pastikan tumpukan buku mudah diambil anak sehingga mereka bisa membacanya kapanpun. Penataan buku yang rapi dan menarik akan memancing keinginannya membaca.

 

Reporter: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini