Sukses

Hari ini Rochman-Rochim Akan Dipisahkan

Setelah empat kali ditunda, operasi pemisahan bocah batita kembar siam dempet pinggul, Rochman dan Rochim, akhirnya digelar di Rumah Sakit dokter Sutomo, Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya: Setelah empat kali ditunda, operasi pemisahan bocah batita (bawah tiga tahun) kembar siam dempet pinggul, Rochman dan Rochim, akhirnya digelar di Rumah Sakit Dokter Sutomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/4). Operasi diperkirakan akan berlangsung selama 30 jam.

Sebelum dipindahkan ke kamar operasi, bocah kembar siam yang baru berusia 19 bulan ini dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan cairan disinfektan oleh perawat. Operasi yang melibatkan seratus dokter dan perawat ini hanya boleh disaksikan langsung oleh kedua orangtua mereka. Sejumlah wartawan media cetak dan elektronik saat ini hanya bisa menyaksikan jalannya operasi melalui dua layar televisi yang disambungkan ke ruang operasi.

Rencana operasi bocah kembar siam ini sudah empat kali tertunda karena sejumlah alasan. Selain karena ada alat yang rusak juga kondisi kesehatan kedua batita yang sempat menurun juga menyebabkan operasi tidak mungkin dilakukan. Tim dokter RS Dokter Sutomo mengatakan bahwa keduanya dalam keadaan sehat saat ini [baca: Bayi Kembar Siam Segera Dioperasi]

Sebelum operasi, tim dokter juga melakukan beberapa simulasi operasi. Pemisahan kembar siam dempet pinggul ini memiliki tingkat kesulitan tinggi karena Rohman dan Rohim hanya memiliki satu alat kelamin. Kemungkinan hanya salah seorang dari keduanya yang akan memiliki alat kelamin. Meski mengaku khawatir, Supinah, ibunda bayi kembar siam ini menyerahkan sepenuhnya pelaksanaan operasi ini kepada tim dokter.(CHR/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini