Sukses

6 Cara Sederhana agar Kamar Lebih Sehat

Sering sakit karena susah tidur, beberapa hal ini mungkin bisa Anda coba.

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda sering sakit dan merasa tidak nyaman berada di kamar, mungkin waktunya mengecek, apakah kondisi kamar menyehatkan atau tidak.

Untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan kamar, sekaligus memastikan kebaikannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari Step to Health, Jumat (9/2/2018), langkah sederhana ini bisa buat kamar jadi jauh lebih menyehatkan

1. Hindari Perangkat Elektronik

Gangguan tidur yang Anda alami mungkin terkait dengan polusi elektromagnetik di kamar. TV, tablet, komputer, dan ponsel dapat mengurangi kualitas tidur dan dapat membuat sistem pertahanan tubuh melemah. 

2. Berikan Ventilasi Kamar

Penting agar udara dalam kamar terus berganti. Ventilasi yang baik memungkinkan udara kotor menghilang dan berganti dengan udara yang lebih segar.

Paling tidak, membuka jendela 10 menit sehari setelah bangun tidur. Ini tidak hanya akan menyegarkan ruangan dan mencegah jamur, juga mencegah pertumbuhan mikroorganisme bakteri lainnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganti Seprei

3. Ganti Seprei Anda Tiap Minggu

Setidaknya seminggu sekali, ganti seprei Anda. Dengan menggantinya, Anda akan terhindar dari bakteri berbahaya, tungau, debu, dan kuman lainnya.

Apabila memungkinkan lap seluruh rangka tempat tidur dengan air panas dan sabun antibakteri agar lebih efektif membunuh bakteri.

3 dari 4 halaman

Gunakan tanaman dan buang sampah

4. Hias dengan Tanaman

Cobalah beberapa tanaman seperti lavender untuk mengurangi stres, jasmine, krisan, anggrek, dan lidah buaya. Beberapa tanaman ini sempurna karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merawat tanaman ini.

Tanaman-tanaman semacam ini bisa bertahan jauh lebih lama dibanding tanaman lainnya.

5. Buanglah Sampah Anda

Sisa-sisa makanan dapat menyebabkan bau busuk dan menarik serangga. Anda harus bersihkan sisa-sisa makanan ini agar membuat kamar Anda lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Menata dekorasi kamar

6. Rapikan dan Hias Kamar

Simpan semua barang Anda pada tempatnya. Tempatkan barang-barang kotor yang Anda gunakan di tempat seharusnya.

Selain itu, gunakan dekorasi dan elemen-elemen lain untuk memberikan ketenangan dan kegembiraan. Tambahkan juga bingkai foto sebagai pengenang momen-momen istimewa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini