Sukses

Rajin Kunyah Permen Karet Bikin Pipi Lebih Tirus?

Beberapa orang mengatakan mengunyah permen karet bikin pipi lebih tirus. Benar tidak ya?

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, punya pipi tirus itu idaman. Dan katanya rajin mengunyah permen karet bisa membuat pipi chubby jadi tirus. Mitos atau fakta, ya?

Menurut pakar bedah plastik area wajah, Stephen Wenber, bagi sebagian besar orang mengunyah permen karet tidak membuat pipi tirus.

"Pada sebagian besar kasus, permen karet tidak akan mempengaruhi bentuk wajah Anda," kata Wenber mengutip laman Real Self, Rabu (24/1/2018).

Jikapun terjadi perubahan, malah yang ada adalah penebalan otot di area pinggir wajah. Hal ini terjadi pada mereka yang terlalu sering atau lama mengunyah permen karet.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keriput datang lebih cepat

Mengunyah permen karet memang efektif menghalau kantuk dan membuat nafas segar. Namun, bila terus-menerus melakukan hal ini malah membuat keriput di wajah datang lebih cepat.

“Banyak pasien yang penyuka permen karet, memiliki pola-pola kerutan di sekitar mulut mereka,” kata dokter kulit juga bedah plastik asal Amerika Serikat, Joel Schlessinger mengutip Prevention.

Pada saat mengunyah permen karet, ada gerakan yang berulang-ulang yang membuat pergerakan otot yang berlebihan sehingga menyebabkan timbulnya garis-garis atau lipatan di sekitar daerah mulut.

Ketika keriput hadir, akan sulit sekali untuk menghapusnya seperti diungkapkan Joel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini