Sukses

Kemensos Gelontorkan Rp4 Miliar untuk Asmat

Kementerian Sosial menggelontorkan dana sekitar Rp4 miliar untuk pemulihan pasien gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial menggelontorkan dana sekitar Rp4 miliar untuk pemulihan pasien gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat.

Dana tersebut meliputi pembagian paket sebanyak 5.750 paket sembako dan sandang yang akan didistribusikan ke 23 distrik.

Menteri Sosial, Idrus Marham berharap permasalahan campak dan gizi buruk Asmat dapat segera diatasi dan telah mengirimkan tim terlebih dahulu ke Asmat.

Selain itu ada juga bantuan bagi Komunitas Adat Terpencil, berupa pemukiman sosial, jaminan hidup, bantuan bibit, peralatan kerja hingga peralatan rumah tangga.

"Bantuan Komunitas Adat Terpencil akan disalurkan di Kampung Seramit sebanyak 40 kepala keluarga (KK), Auban 30 KK dan Sorai 37 KK," kata Idrus ketika ditemui di Bandara Moses Kilangin, Timika, sesaat sebelum melanjutkan perjalanan ke Asmat, Sabtu (19/1/2017).

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi dengan kementerian lain

Menurutnya, masalah Asmat sudah cukup lama terjadi dan pihaknya akan mencari tahu, kebutuhan apa yang harus dilakukan, guna program lanjutan agar wabah tersebut tak lagi terjadi di Asmat atau daerah lainnya di Indonesia.

"Kami akan koordinasi dengan kementerian lain, terutama kesehatan, karena menangani masalah ini bukan hanya Kementerian Sosial," ucapnya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak

  • Asmat