Sukses

Bayi Baru Lahir Juga Bisa Dehidrasi, Kenali 4 Tanda Ini

Orangtua harus tahu bahwa bayi yang baru lahir pun bisa mengalami dehidrasi

Liputan6.com, Jakarta Bayi yang baru lahir biasa menderita masalah kulit seperti ruam popok. Namun, apakah Anda tahu, bayi juga bisa mengalami dehidrasi?

Dehidrasi menambah rentetan masalah kesehatan pada bayi yang baru lahir, yang mesti orangtua pahami dan mengerti. Bagaimana orangtua bisa tahu gejala apa saja pada bayi dehidrasi?

Dokter Anak dari Mumbai, India, Dr Leena Deshmuk, membeberkan gejala dehidrasi pada bayi baru lahir, seperti dikutip dari situs The Health Site pada Jumat, 19 Januari 2018.

 

Sering tidak pipis

Popok kering adalah salah satu tanda dehidrasi yang paling jelas terlihat pada bayi yang baru lahir. Jika enam jam bayi tidak pipis dan popok masih kering, itu tanda bayi mengalami dehidrasi.

Selain itu, jika bayi pipis bayi sedikit dan warna air kencing lebih gelap dari biasanya, si Kecil berarti mengalami dehidrasi.

Sebaiknya, Anda segera menghubungi dokter bila si Kecil tidak kunjung pipis lebih dari enam jam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Lain Bayi Baru Lahir Alami Dehidrasi

Selalu mengantuk

Bayi yang mengalami dehidrasi juga cenderung lesu dan kurang aktif. Jika bayi selalu mengantuk dan membangunkannya terasa sangat sulit, inilah saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Bayi bisa saja mengalami dehidrasi.

Menangis tanpa air mata

Bayi baru lahir yang mengalami dehidrasi dapat menangis, tanpa mengeluarkan air mata. Ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan yang cukup. Sehingga tidak ada produksi air mata.

Dehidrasi pun bisa membuat bayi lebih rewel dan mudah tersinggung.

Kulit terasa kering dan dingin

Kulit bayi bisa terasa kering dan dingin jika bayi mengalami dehidrasi. Tak hanya itu saja, bibir juga bisa menjadi kering dan retak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.