Sukses

Mau Sistem Kekebalan Tubuh Kuat, Harus Santap 9 Makanan Ini

Anda kerap merasa kelelahan? Itu tanda-tanda sistem kekebalan tubuh anda terganggu. Cobalah mengonsumsi makanan-makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda kerap merasa lemah, mudah lelah, dan mudah terkena infeksi, kini saatnya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, sistem ini penting guna melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan penyakit menular lainnya. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjaga pola hidup sehat, pola tidur, dan menghindari stres.

Dilansir Step to health, Kamis (18/1/2018), makanan menjadi salah satu cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apa yang masuk ke dalam tubuh kita menentukan apakah kita kebal terhadap virus atau bakteri penyebab penyakit atau tidak. Oleh sebab itu, simak makanan berikut yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

1. Air mineral

Menjaga tubuh agar terhidrasi sangatlah penting. Hal ini menjadi salah satu cara membuang racun dan bakteri jahat yang ada di tubuh. Selain itu, minum air mineral juga dapat memperlancar saluran pernapasan. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral 10 hingga 12 gelas per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Bawang Putih

Selain menjadi penyedap rasa, bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang baik bagi tubuh. Hal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng, dan kalsium. Hal ini pun dapat membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam darah Anda.

3. Jeruk

Memiliki kadar vitamin C yang tinggi membuat buah ini dianggap sebagai makanan penjaga sistem kekebalan tubuh terbaik. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit lainnya.

Selain vitamin C, kandungan yang terdapat pada buah jeruk yaitu serat, kalium, magnesium, dan kalsium. Hal tersebut merupakan nutrisi penting guna memperkuat tulang, otot, dan membantu mengelola sistem saraf. Oleh sebab itu, Anda dapat mengonsumsi buah ini agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Sementara untuk meningkatkan sistem imun si Kecil tercinta, Anda juga perlu memperhatikan makanan pendamping dengan memberikan susu formula yang tepat. Untuk si Kecil usia 1-3 tahun, Bunda bisa memberikan susu Nutrilon Royal 3 ActiDuoBio+. Ini adalah Inovasi terbaru dari Nutrilon Royal 3 yang dilengkapi dengan kombinasi unik prebiotik lcFOS/scGOS 1:9, vitamin C & E untuk mendukung ketahanan tubuh si Kecil dan Omega 3 & 6, DHA, zat Besi untuk mendukung kemampuan berpikir si kecil secara optimal.

 

Simak juga video berikut ini :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersifat Antioksidan

4. Madu

Manis dan sedapnya madu ternyata tidak hanya terbatas pada rasa saja. Khasiat yang dihasilkan oleh madu pun banyak dan baik bagi tubuh. Madu mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan batuk, menjaga agar tenggorokan tidak kering, dan menyingkirkan dahak. 

Selain itu, madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan tentunya menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Bawang bombay

Kandungan vitamin, garam mineral, magnesium, belerang, sodium dan zat besi yang terdapat pada salah satu anggota keluarga bawang ini dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh. Bawang putih dipercaya dapat membantu mencegah munculnya diabetes, penyakit jantung, dan masalah pencernaan. 

Oleh sebab itu, bawang bombay menjadi salah satu solusi alami dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.

6. Buah-buahan berwarna merah dan sayuran

Warna buah dan sayuran menjadi penanda kandungan apa yang terdapat di dalamnya. Buah-buahan dan sayuran berwarna merah dipercaya mengandung karoten dan vitamin A. Hal ini sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Buah-buahan dan sayuran seperti stroberi, ceri, semangka, apel merah, bit, tomat dan paprika bersifat antioksidan, yang itu berarti dengan mengonsumsi buah dan sayuran tersebut, racun dalam tubuh Anda dapat hilang, dan tubuh anda menjadi kebal terhadap beragam penyakit. 

3 dari 3 halaman

Memberikan suplai energi

7. Jamur

Jamur yang dapat dikonsumsi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tanaman yang satu ini bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Oleh sebab itu, jamur dapat mengelola cairan tubuh, membantu menyeimbangkan tekanan darah, mempercepat metabolisme dan tentunya menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Makanan mengandung vitamin E

Brokoli, kacang almond, bayam, alpukat, kedelai, dan sebagainya, merupakan makanan-makanan yang mengadung vitamin E. Kandungan vitamin E dalam makanan tersebut bersifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

9. Makanan mengandung zat besi

Zat besi yang terdapat pada makanan berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Zat besi dipercaya mampu mencegah anemia dan dapat memberi suplai energi pada tubuh Anda. 

Makanan yang memiliki kandungan zat besi yaitu daging merah, ikan laut, sayuran hijau, dan ayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.