Sukses

Jus Lemon hingga Minyak Zaitun, Bahan Alami Atasi Hipertensi

Selain mudah didapat, empat bahan makanan ini bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami,

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Sahabat Liputan6.com mungkin ada yang bertanya-tanya, seperti apa diagnogis pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Biasanya, tenaga medis akan mengukur tekanan darah dalam beberapa kali check up. Diagnosis hipertensi atau tekanan darah tinggi baru bisa ditegakkan ketika pasien telah mengalami dua kali atau lebih tekanan darah tinggi berturut-turut.

Ada beberapa informasi penting yang harus Anda ingat. Mengabaikan tekanan darah Anda sendiri bisa menimbulkan konsekuensi kesehatan yang parah, termasuk stroke, kelumpuhan wajah, bahkan serangan jantung. Namun, Anda tidak perlu khawatir selama Anda dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

Salah satu cara menjaga tekanan darah tetap normal, yakni dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu.

Selain mudah didapat, empat bahan makanan ini bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami, dikutip dari laman Steptohealth, Kamis (18/1/2018). 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jus lemon

Retensi cairan sangat buruk bagi kesehatan Anda, terutama hal ini selalu terjadi jika Anda menderita tekanan darah tinggi. Lemon memiliki sifat fantastis sebagai sumber vitamin C. Ini adalah senyawa yang sangat bagus untuk melawan racun dan unsur lain yang terbentuk saat Anda menyimpan cairan.

Selain itu, ingat kemampuan diuretik dan penyaringannya. Ia memiliki sejumlah besar cairan. Ini berarti bahan yang sempurna untuk pemurnian tubuh dengan alami dan aman.

Anda harus minum satu atau dua cangkir jus lemon tanpa gula setiap hari. Jika melakukan ini setiap sarapan pagi, ini membantu membersihkan organ tubuh Anda. Minuman ini juga menghilangkan zat yang bisa menyebabkan stres.

Tapi sebelum mulai mengonsumsi jus lemon, baiknya konsultasikan dulu kondisi kesehatan Anda dengan dokter.

3 dari 5 halaman

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan utama dalam dunia pengobatan alami. Ini dianggap paling berguna untuk mengobati berbagai masalah medis, nutrisi, ortopedi, dan banyak hal yang tak ada habisnya. Bawang putih juga kerap disarankan untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Banyak spesialis merekomendasikan makan bawang putih sebagai obat alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Bahan dapur ini juga membantu mengurangi kadar kolesterol buruk. Sifat yang terkandung dalam bawang putih dapat melebarkan arteri serta dapat mencegah pembentukan bekuan darah.

Anda bisa meminumnya setiap hari dalam bentuk pil (pil bawang putih), sebagai bagian dari makanan Anda, atau makanlah siung bawang putih bersih yang telah direndam di secangkir air putih selama 6 sampai 8 jam. Untuk melakukan saran terakhir ini, Anda bisa memasukkannya ke dalam air sebelum tidur dan memakannya keesokan paginya.

4 dari 5 halaman

3. Cokelat hitam

Anda pasti akan menyukai "obat" ini. Dark chocolate atau cokelat hitam memiliki kandungan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, juga membantu menurunkan tekanan darah.

Karena itu, para ahli merekomendasikan memakannya dalam jumlah kecil setiap hari. Perlu diingat bahwa dimaksud hanya dark chocolate. Cokelat lainnya tidak memberi tubuh Anda manfaat yang sama.

5 dari 5 halaman

4. Minyak zaitun

Sejak zaman Mesir kuno, ada banyak manfaat minyak zaitun dan produknya yang terkenal. Minyak zaitun secara alami mengatur tekanan darah tinggi di tubuh Anda.

Lemak sehat ini terdiri dari tiga ribu bahan kimia yang berbeda. Ini memberi beberapa keunggulan seperti mencegah oksidasi sel, mengelola dan mengendalikan diabetes serta kolesterol jahat dengan lebih baik.

Tambahkan minyak zaitun ke makanan Anda dan kesehatan Anda akan terjaga. Efeknya akan lebih baik jika Anda menggunakannya secara konsisten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.