Sukses

2 Bahan Dapur Ini Ampuh Mencegah Kehadiran Uban

Uban memang bisa membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Jangan khawatir, bahan alami ini bisa dimaksimalkan kok.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya uban di usia muda membuat banyak orang dilanda kecemasan. Kalau sudah begini, segala cara dilakukan untuk memanipulasi kehadiran uban di rambut. Padahal, Anda bisa memanfaatkan sejumlah bahan dapur untuk mencegah rambut yang cepat memutih.

Di antara bahan alami yang manjur untuk menghilangkan uban adalah minyak kemiri dan minyak kelapa. Fakta itu diperkuat oleh penegasan dokter yang juga pakar herbal, dr. Prapti Utami M.Si.

"Ya, banyak cara untuk mencegah timbulnya uban. Selain jus buah mengkudu, bahan dapur berkhasiat yang cukup manjur adalah minyak kemiri dan minyak kelapa," terang wanita yang akrab disebut dengan dokter Mamiek saat dihubungi Health-Liputan6.com, Sabtu (13/1/2018).

 

Simak juga video menarik berikut:   

 

   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep jaman Old yang terbukti manjur

Dokter Mamiek menyatakan bahwa pemakaian minyak kemiri dan minyak kelapa untuk mencegah uban telah diyakini banyak orang.

"Ini resep jaman Old yang terkenal lho. Minyak kelapa dan minyak kemiri selain bagus untuk mengusir uban, juga mampu merangsang pertumbuhan rambut dan menghambat ketombe," jelasnya.

Ia menuturkan kemunculan uban juga harus dianalisis masalahnya.

"Pemakaian minyak tersebut tergantung masalahnya. Kalau untuk perawatan rambut, minyak kemiri bisa hambat uban, selama rutin mengoleskan di rambut minimal seminggu 3 kali. Ini juga harus dibiasakan, khasiatnya sama ampuhnya kok dengan minyak kelapa atau VCO VCO (Virgin Coconut Oil)," terang tutur dokter yang terkenal ramah dan humoris ini. 

 

3 dari 3 halaman

Ini cara pemakaiannya

Lalu bagaimana cara pemakaian yang bagus? Dokter Mamiek menyarankan agar treatment tersebut dilakukan setelah keramas.

"Benar, pemakaiannnya setelah keramas. Jadi, setelah kulit kepala bersih, minyak kemiri dan minyak kelapa bisa dipakai sebagai conditioner alami, sambil di massage," beri tahu dokter yang rajin menulis buku, salah satunya berjudul Diet Aman dan Sehat dengan Herbal.

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang berfungsi membantu rambut tumbuh dengan sehat dan memperbaiki kerusakan pada rambut. Agar uban tidak bertebaran, salah satu cara lain untuk menghindarinya adalah mampu mengontrol stres dengan baik. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.