Sukses

Suka Minum Kopi, Benarkah Bikin Sulit Hamil?

Simak hasil riset dan penuturan pakar tentang hubungan minum kopi dan kemungkinan sulit hamil.

Liputan6.com, Jakarta Ada yang mengatakan kebiasaan minum kopi membuat wanita sulit hamil, benarkah? Menurut pakar, mungkin saja kopi memengaruhi kesuburan jika asupan kafein yang dikonsumsi berlebihan.

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara mengonsumsi asupan kafein seperti minum kopi membuat sulit hamil. Namun, ada penelitian yang menunjukkan, kedua hal itu tidak saling terkait.

Salah satu studi yang menunjukkan hubungan asupan kafein berlebih memengaruhi kesuburan dimuat di British Journal of Pharmacology. Penelitian pada tikus menunjukkan kafein berlebihan menghambat kontraksi di tuba falopi yang dibutuhkan untuk membawa sel telur ke rahim.

"Temuan ini memberikan penjelasan menarik kenapa wanita yang mengonsumsi kafein berlebihan (seperti minum kopi) seringkali butuh waktu lebih lama untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kafein," kata Sean Ward dari University of Nevada di Amerika Serikat mengutip Daily Mail, Selasa (9/1/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi satu cangkir kopi tak masalah

Walau begitu, para peneliti hingga kini belum menemukan hubungan konsumsi asupan kafein sedang terhadap masalah kesuburan pada wanita. Menurut rekomendasi, batas aman adalah 200-300 mg kafein per hari.

"Minum satu cangkir kopi sehari itu tak masalah," kata dokter spesialis New York-Presbyterian Hospital/Weill Cornell Medicine, Alexis Melnick seperti mengutip laman Brides.

Perlu diketahui juga, bukan cuma kopi yang mengandung kafein. Minuman mengandung kafein diantaranya teh, cokelat, es krim kopi, dan minuman berenergi seperti mengutip Baby Center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini