Sukses

8 Tips Hindari Risiko Alergi Anak yang Menyukai Hewan Peliharaan

Anak Alergi Bulu, Tapi Ingin Piara Hewan?Anak-anak biasanya sangat menyukai hewan dan ingin memeliharanya. Tapi bagaimana mewujudkannya

Liputan6.com, Jakarta Seru banget nih kalau di tahun baru 2018 punya hewan peliharaan lucu seperti kucing, kelinci, dan lainnya. Apalagi sang buah hati tercinta yang memintanya langsung. Ironisnya, si Kecil punya riwayat alergi terhadap bulu hewan. Bagaimana cara Anda dalam menyiasatinya?

Pada umumnya anak-anak memang sangat menyukai hewan. Sebenarnya, memelihara hewan cukup bermanfaat bagi anak. Si Kecil bisa belajar memiliki rasa tanggung jawab, menstimulasi empati dan kecerdasan emosionalnya, bahkan membuat anak jadi lebih aktif.

Namun, Anda dihadapkan pada dilema. Ya, buah hati tersayang punya alergi terhadap bulu hewan. Apakah Anda langsung melarang Anak untuk memelihara hewan kesukaannya atau Anda punya toleransi khusus untuk mengikuti kemauannya?

dr. Dyah Novita Anggraini dalam sebuah tulisannya seperti dikutip dari laman Klikdokter, (1/1/2018), memberikan tips untuk meminimalisir risiko alergi terhadap anak saat Anda sepakat memelihara hewan di dalam rumah.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Letakkan hewan peliharaan di luar rumah

Jika masuk ke dalam rumah, jauhkan hewan peliharaan dari beberapa tempat seperti kamar tidur anak, perabotan berlapis kain, dan ruang pakaian.

2. Pilih perlengkapan rumah yang tepat

Akan lebih baik jika rumah Anda tidak menggunakan karpet atau perabotan berlapis kain. Bulu hewan akan dengan mudah menempel di perlengkapan rumah tangga jenis tersebut.

3. Gunakan alat pembersih udara

Pembersih udara merupakan alat yang sangat efektif dalam menghilangkan zat-zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi. Anda bisa mencari pembersih udara yang berjenis HEPA (high-efficiency particulate air). HEPA mampu menghilangkan partikel penyebab alergi seperti debu, bulu hewan, dan tungau debu.

4. Bersihkan rumah setiap hari

Kegiatan pembersihan rumah dengan menggunakan alat vacuum cleaner harus dilakukan setiap hari. Dengan demikian, bulu-bulu yang dibawa oleh hewan tidak menumpuk di karpet maupun perabotan berlapis kain.

5. Jangan lupa untuk mencuci tangan

Cara mencuci tangan yang benar adalah dengan menggunakan air mengalir dan sabun pembersih. Lakukan ini setelah memegang hewan peliharaan.

 

3 dari 3 halaman

6. Rajin membersihkan hewan peliharaan

Anda bisa melakukannya setiap seminggu sekali, atau membawa hewan peliharaan ke pet shop untuk grooming.

7. Rajin membersihkan kandang dan area di sekitarnya

Rutinitas ini sangat penting agar hewan peliharaan tetap nyaman dan sehat.

8. Pilih hewan peliharaan yang tidak berbulu

Contohnya adalah ikan atau kura-kura. Ketika sudah melakukan hal-hal di atas, tetapi alergi anak malah sering kambuh?

Ada baiknya Anda pertimbangkan kembali untuk tetap memelihara hewan tersebut atau tetap memilih hewan yang tidak berbulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.