Sukses

Makan Keju Penyebab Mimpi Buruk?

Sejumlah orang percaya, makan keju bisa memberi Anda mimpi buruk. Apa kata ahli?

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah orang percaya, makan keju bisa memberi Anda mimpi buruk. Meskipun ini persepsi umum, tidak banyak studi yang menyebut kesimpulan tersebut.

"Belum banyak penelitian soal pengaruh makanan terhadap mimpi buruk," kata ahli gizi Joy Dubost, RD, seperti dimuat Prevention, Sabtu (30/12/2017).

Meski demikian, salah satu penelitian tentang pengaruh keju dan mimpi buruk yang paling banyak dikutip berasal dari British Cheese Board. Padahal, tidak ada bukti yang mendukung studi tersebut.

Tapi para peneliti ketika itu melangkah lebih jauh untuk menunjukkan berbagai jenis keju dan keluaran impian mereka. Seperti misalnya, ingin bermimpi tentang selebriti? Pilih cheddar.

Begitu pun dengan penelitian lain. Sebagai contoh merujuk pada penelitian tahun 2015 yang menemukan bahwa 18% orang percaya bahwa makanan dapat mempengaruhi mimpi mereka. Dan susu dan olahannya, termasuk keju dianggap sebagai "pelaku" potensial mimpi buruk.

 

 

Simak video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sugesti?

Jadi apa yang mungkin terjadi di sana? Mungkin saja itu hanya persepsi, kata periset. Dan ilmuwan menyebut ini "hipotesis tekanan makanan," dan mengatakan hal itu dapat terjadi karena makanan ini dianggap memicu gangguan pencernaan.

Faktanya, susu dapat menyebabkan gejala seperti gas, kembung, dan kram pada orang dengan sensitivitas laktosa atau intoleransi . Dan itu, tentu saja, bisa berpengaruh pada mimpi.

Kemungkinan lain? Mungkin bukan apa yang Anda makan, tapi seberapa banyak Anda makan.

"Mengonsumsi banyak makanan terutama yang tinggi lemak dan pedas, bisa menyebabkan masalah tidur," kata Dubost.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.