Sukses

Anak Laki-Laki Hobi Habiskan 1 Jam Lebih Hanya untuk Main Gim?

Ternyata, ini bahayanya kalau anak laki-laki terlalu sering main gim di ponsel.

Liputan6.com, Jakarta Waktu yang digunakan si kecil untuk main gim di ponsel maupun perangkat komputer meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan selama 15 tahun oleh peneliti dari Universitas Oxford, ketergantungan anak akan perangkat elektronik semakin parah.

Dalam sehari, seorang anak bisa anteng di depan layar ponsel untuk main gim selama 40 menit. Orangtua menganggap bahwa anak-anak mereka bisa multitasking sambil mengerjakan pekerjaan rumah, tapi kenyatannya tidak demikian.

Bukan hanya pekerjaan rumah yang terbengkalai, jadwal makan juga ikut berantakan serta tak ada lagi kemauan si kecil bersosialisasi dengan bermain di luar rumah.

"Ini berbahaya. Teknologi telah mengambil alih kehidupan mereka. Pada temuan kami, beberapa memperlihatkan penggunaan ponsel untuk pekerjaan rumah juga, tapi tidak mendorong si kecil untuk main di luar," kata peneliti senior dari Universitas Oxford, Killian Mullan, dikutip dari Times of India, Kamis, 28 Desember 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahaya main gim terlalu lama

Penelitian yang telah diterbitkan ke dalam jurnal Child Indicators Research juga mengungkapkan, anak laki-laki bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk bermain gim ketimbang anak perempuan.

Mereka bisa menghabiskan satu jam setiap harinya untuk bermain gim, dengan mengurangi waktu untuk main di luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini