Sukses

Rutin Bersepeda Ampuh Kurangi Stres dan Rasa Cemas

Bersepeda dengan konsisten terbukti positif buat kesehatan lho. Apa saja? Yuk simak segera artikel di bawah ini

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara untuk menjaga tubuh tetap bugar. Salah satunya dengan bersepeda. Selain membuat tubuh lebih sehat, naik sepeda secara rutin juga mampu mengurangi depresi, stres, dan rasa cemas.

Managing Director dari pusat spesialis diabetes Dr Mohan, RM Anjana dan fisioterapis dari klinik AktivHealth, Deepali Badoni, menjelaskan bahwa bersepeda bisa meningkatkan produksi bahan kimia seperti serotonin, dopamin dan phenylethylamine di otak. Kegiatan gowes ini ampuh membuat Anda merasa bahagia dan terlindung dari depresi.

Selain itu, kegiatan bersepeda juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat yang berujung berkurangnya risiko penyakit jantung, seperti dilansir dari AntaraNews, Rabu (27/12/2017).

Kemudian, bagi mereka yang menderita sakit lutut atau sendi sebaiknya memilih sepeda statis.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersepeda bagus untuk penyandang diabetes

Bagaimana dengan para penyandang diabetes yang ingin bersepeda? Sebenarnya, sah-sah saja. Asalkan, mereka bisa memastikan beberapa hal. Salah satunya tetap terhidrasi selama bersepeda.

Para penyandang diabetes tipe 1 perlu membawa makanan ringan mengandung karbohidrat jika mau bersepeda lebih dari satu jam.

Penyandang diabetes perlu memeriksa kadar gula darah mereka sebelum, selama, dan setelah berolahraga menggunakan meteran glukosa darah (CGM). Demikian seperti dikutip dari laman Indian Express.

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.