Sukses

Simak Tips Bawa Bayi Berlibur dengan Pesawat

Jelang tahun baru, banyak orangtua yang membawa anaknya berlibur naik pesawat

Liputan6.com, Jakarta Jelang tahun baru, sejumlah maskapai telah menetapkan batas usia penerbangan untuk anak, rata-rata berkisar 14 hari. Namun beberapa penerbangan mungkin akan bersikeras meminta surat keterangan dari dokter kandungan untuk memastikan ibu dan bayi dalam kondisi sehat.

Selain itu, mungkin Anda perlu tahu ada beberapa tips membawa bayi kedalam kabin pesawat. Simak ulasannya, seperti dikutip Babycenter, Rabu (27/12/2017) berikut ini:

1. Membawa semua kebutuhan bayi

Di pesawat, ada pembatasan cairan sehingga mungkin akan sulit membuat susu atau makanan bayi. Jadi persiapkan kebutuhan ASI atau susu formula yang telah dimasukkan ke dalam botol serta satu botol air hangat dalam termos.

Selain itu, pastikan ada tisu basah, popok, tas kecil untuk menyimpanpakaian kotor anak, selimut, pakaian cadangan, perlengkapan makan bayi, mainan favorit, dan kain untuk menutupi payudara saat menyusui.

Mungkin ada beberapa maskapai yang menawarkan popok dan tisu, tapi jangan mengandalkan mereka karena tidak ada jaminan ukurannya tepat.

2. Stroller lipat

Biasanya kereta dorong tidak dihitung sebagai bagian dari bagasi Anda. Jadi biarkan bayi Anda naik di kereta dorongnya hingga di pintu pesawat, kemudian minta bantuan awak kabin untuk melipatnya.

 

 

Simak video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sebisa mungkin berikan ASI

Dengung mesin pesawat bisa membuat bayi menangis. Salah satu cara untuk mengatasinya, memberikan bayi ASI setidaknya sewaktu take off dan landing. Cara ini juga dapat mencegah telinga bayi tidak nyaman.

4. Cari penerbangan malam untuk perjalanan jarak jauh

Carilah penerbangan yang tidak akan mengganggu rutinitas bayi Anda. Sebab jika bayi terjaga, dia akan memaksa Anda untuk mengajaknyabermain. Bayi yang tertawa biasanya terdengar menyenangkan ketimbang tangisan bayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Liburan