Sukses

5 Manfaat Tersembunyi Daun Mint, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Seringkali kita menemukan penggunaan daun mint untuk berbagai keperluan. Daun mint memiliki keunggulan tersendiri yang disukai banyak orang, mulai dari sensai dingin yang diberikan, hingga kesegarannya.

Namun begitu, apakah Anda tahu manfaat di balik daun tersebut?

Berikut beberapa manfaat dari daun mint, melansir laman Good Housekeeping, Selasa (19/12/2017).

1. Membantu mengatasi masalah perut

Minyak peppermint diketahui dapat membantu untuk mengurangi nyeri, perut yang tidak enak, dan gejala lainnya dari IBS (irritable bowel syndrome), utamanya karena dari efek zat anti-spasmodik dari methanol yang ditemukan dalam daun mint. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan zat anti-inflamasi

2. Memiliki zat anti-inflamasi

Seperti makanan berbasis tumbuhan lainnya (sayur, buah, kacang, biji-bijian), daun mint mengandung phytonutrients dan zat yang mirip antioksidan, yang bisa mengurangi kerusakan sel akibat dari tekanan oksidasi.

Lebih lagi, senyawa primer anti-inflamasi dari mint bisa membatasi awal dari inflamasi kronis.

3 dari 5 halaman

Tingkatkan kekebalan tubuh

3. Manfaat meningkatkan kekebalan tubuh

Sebagai tambahan dari aktivitas antioksidannya, ¼ cangkir penguat rasa spearmint memberikan hampir setengah dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin A.

Bentuk vitamin berbasis tumbuhan bisa memmbantu melindungi se-lsel dari kerusakan dengan mencari radikal bebas yang bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan organ, membantu mengurangi resiko Anda terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

4 dari 5 halaman

Lindungi diri dari bakteri

4. Bisa membantu melindungi dari bakteri perusak

Beberapa penelitian telah menghubungkan senyawa antibakteri pada minyak esensial mint-carvone dan limonene-dengan membantu mengurangi resiko Anda terpapar bakteri yang berpotensi merusak.

 

5 dari 5 halaman

Bantu kurangi garam

5. Bisa membantu Anda mengurangi sodium

Mengurangi garam pada makanan Anda tentu akan membuat makanan seolah tanpa rasa. Anda akan membutuhkan rempah lainnya yang dapat mengimbangi dan mengeluarkan rasa pada makanan.

Menggunakan daun mint pada apa pun, mulai dari sayuran atau buah-buahan, ikan, daging, dan ungags bisa membantu membatasi penggunaan garam pada makanan tanpa mengurangi rasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.