Sukses

Pasien Diduga Difteri, Bertambah Lima Orang di Bekasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto, menyatakan sebagian besar pasien diduga difteri tersebut masih balita.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat adanya penambahan pasien suspek difteri sebanyak lima orang pada Desember 2017.

"Sebelumnya pada Januari-November 2017, ada 12 pasien difteri. Delapan di antaranya negatif dan empat di antaranya positif, namun sudah pulih pascaperawatan tim medis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, penambahan pasien baru tersebut mayoritas adalah anak usia di bawah lima tahun. Hanya satu pasien di antaranya yang berkategori dewasa.

Dikatakan Kusnanto, seluruh terduga difteri itu saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hermina Galaxy, RS Hermina Kemakmuran, RS Awal Bros dan RS Suryanti Suroso Jakarta.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini pasien tersebut tengah menunggu hasil tes laboratorium terkait penyakit yang dideritanya, apakah difteri atau penyakit lain.

"Kami butuh waktu sekitar 4-7 hari hingga hasil uji laboratorium keluar. Selama proses uji laboratorium ini, pasien kita sterilkan dengan antibiotik dan menempati ruang isolasi," ungkapnya, seperti dilansir dari AntaraNews, Jumat (15/12/2017).

 

Simak juga video menarik berikut : 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak mau kecolongan seperti tahun lalu

Kusnanto mengatakan, seorang pasien positif difteri di Kota Bekasi pada 2016 diketahui meninggal dunia akibat keterlambatan proses penanganan medis.

"Satu pasien difteri di Kota Bekasi meninggal tahun lalu, karena keterlambatan penanganan medis," ujarnya.

Kusnanto menambahkan, bertambahnya jumlah pasien diduga difteri di Kota Bekasi pada Desember 2017 terjadi pascaberedarnya kabar terkait status Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa Barat yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan.

"KLB difteri ini melibatkan tiga provinsi, salah satunya Jawa Barat. Kota Bekasi adalah bagian dari Jabar, sehingga banyak masyarakat yang mengakses layanan kesehatan untuk melakukan pengecekan gejala penyakit yang serupa difteri," tutupnya.

(Andi Firdaus/AntaraNews)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang sangat menular dan bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

    Difteri