Sukses

5 Makanan agar Lebih Nyaman Saat Menstruasi

Menstruasi bisa datang bersamaan dengan berbagai rasa tidak nyaman, yang untungnya bisa diatasi dengan beberapa makanan.

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi kadang menimbulkan berbagai rasa tidak nyaman. Mulai dari kram, pegal-pegal, bahkan tak jarang wanita merasa jauh lebih lelah dari biasanya.

Untungnya sindrom menstruasi, atau pra-menstruasi ini bisa diatasi atau dikurangi dengan beberapa jenis makanan. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti melansir She Knows, Kamis (13/12/2017): 

Dedaunan hijau

Menurut Dr. Christine O'Connor dari  The Gynecology Center, dedaunan hijau bisa memberikan manfaat bagi tubuh Anda dalam berbagai cara. Mereka tak hanya kaya akan zat besi dan berbagai vitamin B, kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membantu masalah pencernaan yang seringkali dikaitkan dengan siklus menstruasi.

Kacang-kacangan

Daripada mengambil sekantung makanan manis untuk mengisi waktu ngemil, lebih baik mengambil sekantung kacang-kacangan.

“Makanan yang akan akan kandungan lemaak baik atau omega-3 (seperti kacang-kacangan) bisa sangat membantu dan lebih mengenyangkan daripada junk food,” ujar Dr. Connor

Buah segar

Makanan lainnya yang dapat membantu Anda mengatasi masalah pencernaan terkait menstruasi adalah buah segar. Sediakanlah buah-buahan segar kesukaan Anda sebelum menstruasi mulai untuk memastikan kesehatan sistem pencernaan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandum utuh

Sama seperti buah, kandungan serat dalam gandum utuh bisa membantu siklus menstruasi menjadi lebih rutin. Gandum utuh juga mengandung karbohidrat kompleks, yang bisa memmberikan vitamin penting dan juga mineral.

Daging merah

Sangatlah penting untuk meningkatkan asupan zat besi ketika sedang menstruasi untuk menggantikan yang hilang.

“Pola makan yang tinggi akan besi akan membantu menghindari anemia dan gejala yang datang bersama dengan kondisi tersebut,” ujar Dr. Sharon R. Thompson, dari Central Phoenix Obstetrics and Gynecology. "Wanita yang mengkonsumsi daging merah bisa mendapatkan asupan besi yang cukup dari makanannya.”

Namun, jika Anda bukan pemakan daging, Dr. Thompson merekomendasikan menggunakan suplemen tambahan untuk menjaga kebutuhan besi bagi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.