Sukses

Gigit Kuku dan 4 Kebiasaan yang Bikin Nyawa Cepat Melayang

Hindari kebiasaan buruk berikut ini jika Anda ingin hidup sehat dan berumur panjang.

Liputan6.com, Jakarta Hidup sehat dan berumur panjang merupakan harapan setiap orang. Hal ini bisa dicapai dengan menjalankan pola hidup sehat. Sebaliknya, melakukan pola hidup yang tidak sehat ternyata bisa memperpendek usia. Apa saja kebiasaan tersebut?

Mengutip laman Boldsky, Senin (11/12/2017), beberapa kebiasaan dalam hidup bisa membuat kita mudah terserang penyakit. Lebih jauh, hal ini juga berpengaruh dengan rentang usia hidup kita.

1. Menggigit kuku

Meski kebiasaan ini sering dianggap remeh dan dianggap tidak berbahaya, ternyata menggigit kuku justru bisa menyebabkan penyakit fatal dan mengurangi umur seseorang. Hal ini terjadi bila dilakukan secara teratur.

Penyebabnya, ada bakteri tertentu di bawah kuku yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi darah dengan tingkat keparahan yang tinggi yang disebut sepsis. Jika sepsis tidak segera ditangani, hal ini bisa menyebabkan kematian.

2. Konsumsi garam berlebih

Garam diperlukan tubuh dalam jumlah secukupnya, namun konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berujung pada kematian. Selain garam, makan makanan olahan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat mengacu pada penyakit jantung yang fatal.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebiasaan malas dan seks bebas

3. Kebiasaan jorok

Jika Anda malas mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, hal ini bisa mendatangkan berbagai penyakit. Hal ini terjadi lantaran kuman yang ada di tangan Anda dapat masuk ke dalam tubuh dan bermutasi serta menyebabkan berbagai penyakit serius.

4. Seks berisiko

Orang yang melakukan hubungan seksual berisiko dapat terkena penyakit serius seperti infeksi menular seksual, gonore, hepatitis dan HIV-AIDS. Seks berisiko terjadi apabila seseorang melakukan seks sebelum menikah, bukan dengan pasangannya atau tidak menggunakan pengaman.

Penting dipahami bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit serius yang dapat berujung pada kematian.

5. Tidak sarapan

Menurut sejumlah penelitian, melewatkan sarapan dapat membuat proses metabolik dan kekebalan tubuh menurun. Jika hal ini terjadi, tubuh Anda mungkin akan mudah terkena penyakit dan sulit melawannya.

Untuk itu sebaiknya Anda mementingkan sarapan sebelum Anda melakukan aktivitas sehari-hari. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini