Sukses

Pahami 5 Hal tentang Protein Bila Ingin Dapat Manfaatnya

Banyak orang yang keliru memahami protein yang pada akhirnya tidak bisa mengambil kebaikan dari protein itu.

Liputan6.com, Jakarta Protein merupakan makronutrisi penting bagi tubuh. Protein membantu Anda kenyang lebih lama, juga membantu tubuh untuk membentuk dan menjaga otot.

Namun, banyak orang yang keliru memahami protein, sehingga pada akhirnya tidak bisa mengambil kebaikan dari protein itu.

Ahli nutrisi dari Foodtrainers, Carolyn Brown, R.D, memaparkan beberapa hal yang perlu diketahui mengenai protein, seperti dilansir dari laman Men’s Health, Senin (11/12/2017).

1. Apa yang Anda makan menggambarkan Anda

"Jadilah orang yang berkualitas," ujar Brown.

Carilah produk protein yang berkualitas, seperti produk organik, pemakan rumput, dikembangbiakkan di padang rumput atau alam liar sebisa mungkin. Direkomendasikan mencari sumber makanan seperti dada ayam, daging sapi, salmon, atau protein yang berasal dari tanaman.

2. Protein bukan hanya untuk otot

Menurut Brown, protein memang baik bagi pembentukan otot, tetapi juga penting untuk tulang, darah, tulang rawan, gairah seks, dan hormon. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan sumber protein

3. Lebih banyak bukan berarti lebih baik

"Tubuh hanya bisa mencerna 25-35 gr protein per sekali makan. Jadi, jika lebih dari itu tidaklah diperlukan,” ujar Brown.

4. Perhatikan sumber protein

Brown ingin Anda mempertimbangkan bahan makanan lainnya yang dimakan bersama protein Anda.

“Ketika Anda mengkonsumsi salmon, Anda mendapatkan banyak omega-3. Namun, jika Anda mengkonsumsi protein bar, biasanya Anda juga akan mendapatkan asupan gula dan pemanis buatan yang ada di dalamnya."

5. Variasikan sumber protein

Ayam panggang memang bagus. Namun, jika Anda bosan mengkonsumsi hal yang sama terus-menerus, cobalah untuk menggantinya. Brown merekomendasikan bebek, daging rusa, bison, lobster, ataupun kerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.