Sukses

Kenapa Mimpi Jadi Aneh Saat Tubuh Sakit?

Saat sakit, biasanya mimpi yang muncul kala tidur juga jadi aneh dan tidak biasa.

Liputan6.com, Jakarta Mimpi memang adalah sesuatu yang luar biasa. Walaupun sudah dilakukan berbagai penelitian sehubungan hal ini, masih sangat banyak hal yang belum diketahui tentang mimpi.

Seperti misalnya, bagaimana sebenarnya mimpi bekerja, dan adakah hubungannya dengan kesehatan fisik. Fakta lain yang perlu dikaji, saat tubuh sedang sakit, hal ini biasanya memengaruhi mimpi sehingga menjadi aneh.

Melansir Bustle, Kamis (7/12/2017), ada banyak teori tentang apa itu sebenarnya mimpi, jelas psikolog tidur Dr Michael Breus. Namun, yang paling banyak dipercayai ialah mimpi merupakan interpretasi otak atas kenangan yang dipindahkan dari kenangan jangka pendek ke kenangan jangka panjang saat fase tidur REM (rapid eye movement).

"Ketika kenangan menjadi kenangan jangka panjang, otak menghubungkannya dengan kenangan yang lain. Inilah yang memunculkannya kembali. Lalu, jika Anda melihat atatu mencium sesuatu, Anda akan mengingat sesuatu yang berhubungan dengan kenangan tadi," jelas Dr Brues.

Ternyata, proses ini bisa dipengaruhi perubahan kesehatan mental dan fisik. Hal ini bisa menimbulkan berbagai variasi mimpi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mimpi stres

Hal ini mengacu pada satu fakta dasar: "Tubuh kita semuanya saling berhubungan," ujar Dr Breus. "Mimpi terjadi di otak berhubungan erat dengan kesehatan mental, tapi menurutku ada hubungannya juga dengan kesehatan fisik sampai sekitar 25-30 persen."

Satu alasan besar kenapa mimpi dipengaruhi kesehatan fisik adalah karena hubungan antara siklus tidur dengan suhu inti tubuh. Pada akhir siklus tidur, dan saat kebanyakan mimpi terjadi, di fase REM, suhu tubuh seharusnya menurun, lanjut Dr Breus.

Akan tetapi, jika Anda mengalami demam, hal ini akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhunya, dan bisa memengaruhi mimpi atau membuat Anda sulit tidur.

Faktor besar yang lain terhadap mimpi ialah pikiran Anda saat terbangun--khususnya tepat sebelum jatuh tertidur. Jika Anda belakangan ini mengkhawatirkan kesehatan fisik, Dr Breus bilang, hal itu juga akan muncul saat tidur.

Hasilnya adalah mimpi stres atau kondisi kesehatan fisik yang berhubungan akan muncul dalam mimpi. Misalnya, jika Anda sedang mengalami nyeri punggung, mimpi yang muncul akan berkisar tentang suatu kejadian yang membuat punggung sakit.

Dr Breus menjelaskan, dia melihat kasus ini banyak terjadi pada pasien dengan sleep apnea. "Sleep apnea bisa membuat pasien berhenti bernapas saat tidur," ujarnya. "Saat hal itu terjadi, pasien sering bermimpi ada bantal diletakkan di wajah mereka, atau mimpi tenggelam."

 

3 dari 3 halaman

Dipengaruhi hormon juga

Selain penyakit dan kondisi kesehatan, Dr Breus juga mengatakan, obat dan hormon bisa memengaruhi mimpi. Inilah kenapa wanita hamil biasanya punya mimpi-mimpi yang sangat aneh.

"Penting untuk diingat, kondisi bermimpi bukan berarti tubuh sedang berhenti bekerja," ujar Dr Breus. "Kondisi mimpi selalu aktif, bahkan bisa dibilang lebih aktif, saat Anda sedang terjaga dan tubuh bangun dan bergerak."

Tidur juga bisa menggambarkan kondisi kesehatan secara umum. Jadi, jika Anda tiba-tiba khawatir karena pola mimpi berubah, atau mengalami kesulitan tidur, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Tidur malam nyenyak yang membantu Anda merasa lebih baik sehingga tubuh bisa berfungsi dalam kondisi terbaiknya. Jadi, jangan pernah anggap kesulitan tidur sebagai kondisi yang tidak penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.