Sukses

Masker Kayu Manis Bisa Bersihkan Jerawat Membandel?

Liputan6.com, Jakarta Kayu manis paling enak kalau ditambahkan ke kue atau makanan lainnya. Akan tetapi, bagaimana kalau kayu manis diberikan ke wajah? Tentu saja penggunaan kayu manis ini sebagai masker.

Situs metro menuliskan, masker kayu manis bisa untuk antijerawat. Cara pembuatannya pun mudah. Cukup mencampur kayu manis bubuk dengan lemon, sebelum mengoleskannya ke seluruh kulit wajah.

Kayu manis itu termasuk rempah-rempah bersifat antibakteri. Artinya, masker kayu manis dapat membunuh bakteri dan dapat membersihkan kulit.

Beberapa orang yang menggunakan masker kayu manis mengklaim wajah mereka lebih halus, lembut, dan bersinar. Apalagi, kayu manis sangat mudah ditemui di dapur. Ini artinya Anda bisa memperbaiki kulit dengan harga murah.

Ahli perawatan wajah dan perawatan kulit, Andy Millward, menegaskan kayu manis memang memiliki beberapa manfaat, yakni bersifat antimikroba yang dapat membunuh atau menekan mikroba albasia staphylococcus dan candida albasia. Kedua mikroba tersebut dipercayai berperan dalam jerawat.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat hebat dari kayu manis

Studi lain menemukan kayu manis dapat merangsang ekspresi kolagen alami kulit, membuatnya tampak lebih segar. Akan tetapi, temuan ini belum pernah dilakukan pada manusia. Jadi, secara teori, kayu manis bisa bekerja membersihkan jerawat dan menjadi scrub yang bagus untuk kulit.

Sayangnya, itu berbeda dalam praktiknya. Ini karena kayu manis yang Anda beli di supermarket sangat bervariasi dalam kadar senyawa kimia aktif, yang berarti Anda tidak dapat memprediksi hasilnya.

Ketika satu orang menggunakan kayu manis murni dan melihat manfaatnya, kayu manis kelas reguler yang dirancang untuk dipanggang sepertinya tidak akan memberikan manfaat yang sama.

Studi yang menunjukkan potensi kulit kayu manis itu menggunakan ekstrak kayu manis sejati, yang dikenal sebagai cinnamomum zeylanicum, bukan jenis kayu manis tanah yang kita temukan di toko.

Jadi, saat ini tidak ada penelitian yang menyarankan untuk menggosok kayu manis secara teratur dan disimpan secara antimikroba. Akan tetapi, meski kita sudah mendapatkan kayu manis murni yang benar, tetap saja sebaiknya tak tergoda menggunakannya ke wajah.

 

3 dari 3 halaman

Perhatikan ini sebelum pakai masker kayu manis

Andy mengatakan senyawa aktif dalam kayu manis, cinnamaldehyde, sangat mengganggu kulit. Ia menyarankan tak menggunakan masker kayu manis dan mencari produk lain.

"Dengan mengoleskannya secara topikal ke kulit Anda berisiko menyebabkan dermatitis kontak," jelas Andy. Ini mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, yang bisa menyebabkan kemerahan, bengkak, nyeri, dan gatal.

Apabila Anda begitu ingin menggunakan masker kayu manis, Andy merekomendasikan menggunakan kayu manis sedikit saja (kurang dari seperempat sendok teh), dan melakukan tes tempel sebelum mengolesi ke wajah Anda.

"Secara pribadi bagi saya risikonya lebih besar daripada manfaatnya," kata Andy.

"Terutama bila kita memiliki sejumlah besar ramuan terbukti untuk mengatasi jerawat dan tanda-tanda penuaan, yang memiliki bukti untuk mendukung khasiatnya tanpa menyebabkan dermatitis kontak atau reaksi alergi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.