Sukses

Kenali 4 Manfaat Hebat Terapi Air Garam

Salah satu manfaat dari terapi air garam adalah bisa mengurangi peradangan dan rasa nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Saat tubuh lelah, orang-orang zaman dahulu menyarankan mandi air garam. Percaya atau tidak, beberapa orang meyakini kelelahan tubuhnya berkurang.

Di belahan dunia lain, misalnya Yunani, leluhur mereka juga punya kebiasaan mandi air garam. Orang-orang Yunani Kuno meyakini mandi air garam di tepi pantai bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Rupanya Bapak Ilmu Kedokteran Hippokrates, yang pertama kali menemukan manfaat dari terapi air laut dan mandi garam. Hal ini diketahuinya saat melihat nelayan terluka yang lama-lama sembuh setelah terapi air garam.

Agar lebih jelas berikut empat manfaat terapi mandi air garam seperti mengutip Natural Living Ideas, Selasa (28/11/2017).

1. Bikin tubuh rileks

Mandi air garam memiliki efek melepaskan stres dan bisa membuat tubuh rileks. Dan salah satu terapi yang memanfaatkan kandungan mineral, seperti yang terdapat dalam garam, disebut dengan balneoterapi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengurangi peradangan

2. Mengurangi peradangan

Studi di 2012 menunjukkan, teratur terapi mandi air garam membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, bisa mengurangi rasa nyeri terkait penyakit arthrititis.

Peneliti Israel juga menemukan manfaat dari mandi air garam. Mereka mengungkapkan, berendam air garam bisa meredakan otot-otot yang nyeri, misalnya usai berolahraga.

Manfaat air garam, terutama dari garam yang belum diproses, bisa sangat berguna untuk kesehatan fisik dan mental.

3. Terapi bagi orang berjerawat

Garam memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Sehingga bagi yang memiliki masalah jerawat tepat bila secara rutin melakukan mandi air garam.

3 dari 3 halaman

Kulit makin bersih

4. Kulit bersih

Mandi air garam juga memiliki sifat eksfoliasi. Sel-sel kulit mati ikut terangkat ketika mandi air garam.

Selain itu kandungan mineral dan nutrisinya membantu kulit jadi lebih lembut seperti disampaikan pakar kecantikan, Shahnaz Husain.

Namun, pastikan memilih garam mandi yang tepat untuk kulit. Jika salah malah bisa membuat jadi ruam.

"Sebelum membeli garam mandi pastikan tahu jenis kulit. Bila memiliki kulit sensitif atau berminyak pilih garam mandi lavender," saran pemilik usaha produk natural Ishween Annad di India, Nyassa mengutip laman Idiva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini