Sukses

Jangan Dulu Minum Obat, 3 Herbal Ini Bisa Redakan Alergi

Dikit-dikit jangan minum obat, ada banyak bahan alami yang bisa atasi alergi.

Liputan6.com, Jakarta Alergi merupakan respons abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat atau kondisi tertentu. Hal ini bisa disebabkan oleh sentuhan, polusi, makanan atau debu.

Beberapa pertanda alergi yaitu ruam kemerahan, gatal dan bersin. Saat mengalami alergi, seseorang dapat mengalami kondisi tidak menyenangkan seperti bengkak atau sulit bernapas, seperti dilansir dari laman Step to Health, Kamis (23/11/2017).

Alergi seringkali diobati dengan antihistamin. Namun obat ini memiliki efek samping seperti mengantuk. Jika Anda terkena alergi namun tidak ingin mengonsumsi obat, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Vitamin C

Vitamin C memiliki efek antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, khasiat anti histaminnya juga mampu mengatasi alergi.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin c adalah kubis, paprika hijau, jeruk, brokoli, kembang kol, labu dan edamame.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Bawang

Bawang merupakan makanan yang dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, bawang juga mengandung quercetin yang dapat mengatasi alergi.

Bawang juga bisa membersihkan napas, meredakan mukosa (permukaan yang melapisi rongga hidung) dan inflamasi.

3. Salad dan yoghurt

Saat makan salad, ubahlah saus yang biasa Anda gunakan dengan yoghurt. Alasan Anda perlu memanfaatkan yoghurt adalah bifidusnya (probiotik). Hal ini meningkatkan dan menyegarkan flora usus Anda. Zat ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan alergi.

Sebagai alternatif dari yogurt, cobalah menggunakan madu dan bukan stevia atau gula. Ini adalah antiinflamasi dan antivirus alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.