Sukses

Percobaan Transplantasi Kepala Manusia Baru Saja Sukses Dilakukan

Percobaan transplantasi kepala manusia berhasil dilakukan, kini operasi tersebut akan segera dilakukan pada manusia yang hidup.

Liputan6.com, Wina Transplantasi kepala manusia pertama di dunia telah dilakukan di Tiongkok. Pernyataan tersebut disampaikan seorang dokter Italia pada Jumat (17/11). Ia dan timnya sekarang siap melakukan operasi transplantasi pada manusia yang hidup.

Dr Sergio Canavero, kepala Turin Advanced Neuromodulation Group, mengatakan, operasi transplantasi sukses dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Dr Xiaoping Ren, yang tahun lalu berhasil melakukan transplantasi kepala manusia dari mayat manusia ke tubuh monyet.

"Transplantasi kepala manusia ini memindahkan seluruh kepala dari pendonor organ yang mati otak," kata Canavero pada sebuah konferensi pers di Wina, Austria, dikutip dari New York Post, Minggu (19/11/2017).

Para ahli bedah di Harbin Medical University juga mengungkapkan, transplantasi kepala dengan teknik menghubungkan kembali tulang belakang, saraf, dan pembuluh darah memungkinkan dua (organ) tubuh dapat hidup bersama dan mampu berfungsi dengan baik.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasien transplantasi pertama

Seorang ilmuwan komputer Rusia, Valery Spiridonov, yang menderita penyakit muscle wasting disease (penyakit yang menyebabkan melemahkan jaringan otot, sehingga otot harus 'dibuang') secara sukarela menawarkan diri menjadi pasien transplantasi kepala pertama.

Tapi tim Canavero sudah mendata pasien penerima transplantasi kepala pertama. Pasien itu kemungkinan orang Tiongkok.

Canavero mengklaim, operasi tranplantasi kepala juga berhasil dilakukan pada tikus. Operasi langsung akan dilakukan di Tiongkok karena proyek tersebut tidak diakui komunitas medis di Amerika Serikat dan Eropa.

Ia berencana memisahkan jaringan tulang belakang pendonor dan penerima dengan pisau berlian. Pisau ini mampu memotong benda terkeras di dunia, seperti memotong benda yang dari bahan beton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.