Sukses

Trik Kilat Bersihkan Noda Tinta di Baju

Meski terlihat mengerikan, noda tinta pada pakaian bisa diusahakan untuk dihilangkan.

Liputan6.com, Jakarta Baju kesayangan terkena tinta pulpen yang bocor? Atau balita Anda tengah senang mencorat-coret kertas dengan pulpen hingga terkena bajunya? Jangan dulu panik. Meski terlihat mengerikan, noda tinta pada pakaian bisa diusahakan untuk dihilangkan.

Direktur Cleaning Lab dari Good Housekeeping Institute, Carolyn Forte, berbagi tips untuk mengatasi noda tinta yang menempel pada pakaian. Menurutnya, hal itu tergantung pada seberapa parah tinta yang menempel pada baju.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi noda tinta pada pakaian, melansir laman Good Housekeeping, Jumat (17/11/2017).

Noda tinta pulpen

Letakkan handuk kertas di bawah noda lalu serap dengan membubuhkan sedikit alkohol. Gunakan pipet untuk meneteskan alkohol tepat ke atas noda.

Untuk noda yang lebih besar, tuang alkohol ke dalam mangkuk kecil, celupkan area yang bernoda lalu biarkan selama 15 menit. Dalam durasi itu, biasanya tinta sudah mulai pudar. Lanjutkan menyerap tinta hingga tak lagi tersisa di baju.

Bilas pakaian dengan air dingin, tambahkan cairan penghilang noda lalu cuci menggunakan air panas. Pastikan noda telah benar-benar hilang sebelum Anda mengeringkan pakaian. 

 

Saksikan juga video berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Noda tinta spidol atau pena

Noda tinta spidol atau pena

Mengenyahkan noda tinda spidol memerlukan waktu lebih banyak, tapi bukan berarti tak mungkin. Pertama, Anda perlu membilas noda menggunakan air dingin untuk mengeluarkan noda sebanyak mungkin.

Selanjutnya, isi ember dengan air panas dan tuangkan cairan detergen tanpa pemutih. Tak perlu terlalu banyak, secukupnya saja, kemudian tambahkan sedikit amonia. Aduk rata campuran cairan tersebut lalu rendam pakaian yang ternoda ke dalamnya. Gosok lembut bagian yang terkena noda lalu rendam lagi selama 30 menit hingga satu jam.

Bila tintanya membandel, Anda bisa merendam pakaian selama semalaman dan ulangi menggosoknya hingga memudar. Jika noda sudah hilang, poleskan cairan detergen lalu cuci seperti biasa.

Baju kulit

Bila noda tinta kebetulan hinggap di pakaian atau tas Anda yang terbuat dari bahan kulit, cukup gunakan cotton buds yang telah dilumuri alkohol untuk membersihkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.