Sukses

Jumlah Pengidap Diabetes di Bandung Meningkat

Penyakit kadar gula tinggi atau diabetes sampai saat ini belum bisa disembuhkan sama sekali.

Liputan6.com, Bandung Penyakit kadar gula tinggi atau diabetes sampai saat ini belum bisa disembuhkan sama sekali. Hanya saja, penyakit ini bisa dideteksi dengan mengontrol kadar gulanya dalam tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita menuturkan, pada 2012 kasus diabetes mencapai jumlah 21.400. Angka tersebut diprediksi terus meningkat hingga saat ini.

"Semakin lama semakin meningkat sesuai kondisi saat ini di mana posisi penyakit menular menggeser penyakit tidak menular," kata Rita usai memberikan sambutan dalam pelatihan Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Diabetes di Gedung Serbaguna Pemkot Bandung, Kamis 16 November 2017.

Dia menjelaskan, penderita diabetes menempati urutan kelima daftar penyakit setelah stroke, penyakit lansia, hipertensi dan jantung. Bahkan, penderitanya berasal dari usia 15 tahun

"Jadi memang kesininya usia muda pun banyak terserang diabetes," jelasnya.

"Saat ini ditemukan persoalan pola hidup dan pola makan jadi penyebabnya. Selain itu juga dikarenakan minim aktivitas fisik," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Antisipasi

Pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden (Inpres) No. 1 tahun 2017 sudah mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Melalui instruksi tersebut, regulasi dilakukan untuk mendukung program deteksi dini pada usia produktif.

Skrining usia produktif terhadap faktor risiko penyakit tidak menular termasuk diabetes dapat dilakukan di Poswindu yang terdapat di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

"Semuanya gratis. Kita sudah berikan 900 paket kit posbindu di dalamnya tensi meter, ukur berat dan tinggi badan, pengecekan gula darah dan kolesterol," ujarnya.

Sehingga, masyarakat yang telah melakukan pengecekan diabetes dapat melakukan tindakan selanjutnya untuk mengurangi risiko diabtes.

"Ke depan kami mengharapkan dapat ditekan kasus diabetes meletus ini terutama bagi warga Bandung," harap Rita. (Huyogo Simbolon)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

Video Terkini